Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu Pastikan 362 WNI Di Kapal Westerdam Aman Dari Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Februari 2020, 14:17 WIB
Kemlu Pastikan 362 WNI Di Kapal Westerdam Aman Dari Corona
Para WNI yang menjadi penumpang dan kru kapal Westerdaam dalam kondisi sehat/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia memastikan 362 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi penumpang dan kru kapal milik Holland America Line, MS Westerdam berada dalam kondisi yang sehat, tidak terinfeksi virus corona baru, Covid-19.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Phnom Penh melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) seperti yang dikutip dari laman Setkab, Jumat (21/2).

"Pemerintah Kamboja menyampaikan bahwa seluruh penumpang dan kru Kapal Westerdam tidak terjangkit virus Covid-19," ujar Kemlu.

Sebelumnya, Kapal Westerdam yang membawa 1.455 penumpang dan 802 kru sempat ditolak ketika berusaha berlabuh di beberapa tempat, seperti Thailand, Jepang dan Filipina. Mereka khawatir kejadian yang serupa dengan kapal Diamond Princess yang berlabuh di Perairan Yokohama, Jepang akan terjadi.

Namun, pada Rabu (12/2), pemerintah Kamboja akhirnya menerima Kapal Westerdam. Pemerintah bahkan menyambut langsung kedatangan para penumpang dan kru kapal tersebut.

Untuk memastikan langsung keadaan WNI yang menjadi para penumpang dan kru, KBRI Phnom Penh secara langsung menaiki kapal dan berdialog dengan para WNI.

Dalam pertemuan tersebut pun para WNI memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang bersedia bertemu secara langsung di atas kapal.

"Diharapkan pertemuan dan dialog tersebut dapat memberikan dukungan moril serta meningkatkan kepercayaan diri para kru WNI yang bekerja untuk melanjutkan tugas," lanjut Kemlu dalam pernyataan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA