Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Warga Batan Indah Positif Terkontaminasi Radiasi Nuklir Caesium 137

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 21 Februari 2020, 14:13 WIB
Dua Warga Batan Indah Positif Terkontaminasi Radiasi Nuklir Caesium 137
Sekretaris Utama Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyono/RMOL
rmol news logo Hasil pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (whole body cheking) terhadap sembilan warga Komplek Batan Indah, Pademangan, Setu, Tanggerang Selatan menyatakan, dua orang terkontaminasi radiasi nuklir jenis Caesium 137 (CS-137).

"Memang hasilnya sangat melegakan, dari 9 orang tersebut ada 2 yang terindikasi atau yang terukur kontaminasi caesium," kata Sekretaris Utama Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyono saat ditemui di Komplek perkantoran Walikota Tangsel, Jalan Maruga Raya, Serua, Ciputat, Tanggerang Selatan, Jumat (21/2).

Hendriyanto menjelaskan, tingkat kontaminasi terhadap dua warga tersebut terbilang rendah karena di bawah batas maksimal.

"Kalau kita hitung dosis yang diserap tubuh itu, yang tinggi 0,12 milisivert. Kalau melihat nilai batas dosis atua NBD yang diizinkan satu mili sivert. Itu artinya sepersepuluhnya. Jadi lebih kecil daripada NBD," sebut Hendriyanto Hadi Tjahyono.

Oleh karena itu, dua orang yang terkontaminasi tersebut tidak perlu dirawat karena tidak memiliki efek terhadap kondisi kesehatan.

"Enggak ada dampak radiologi, enggak ada dampak kesehatan kalau kami hitung dari nilai kontaminasi caesium tadi itu," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA