Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Puncak HPSN 2020, Gubernur Anies Mengingatkan Kembali Peristiwa 2005 Di Cimahi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 21 Februari 2020, 12:08 WIB
Peringati Puncak HPSN 2020, Gubernur Anies Mengingatkan Kembali Peristiwa 2005 Di Cimahi
Anies Baswedan bersama istri/RMOL
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta memperingati puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 bersama masyarakat dan penggerak PKK, di lingkungan RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat Jumat (21/2).

Kawasan RW 03 Cempaka Putih Timur merupakan salah satu model percontohan wilayah yang berhasil menerapkan tata kelola sampah secara baik di tingkat rumah tangga.

Dalam kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau agar seluruh komponen masyarakat ibukota untuk mulai mengurangi, memilah, dan mengolah sampah dari tingkat rumah tangga.

Anies mengingatkan kembali peristiwa 15 tahun silam, terjadi longsor sampah yang kemudian diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

"Pagi ini kita memperingati sebuah peristiwa yang tidak ingin diulang. Peristiwa yang diperingati hari ini, kejadian di Leuwigajah, Cimahi tahun 2005. Bayangkan, sampah longsor menimpa desa," jelas Anies.

"Tahu tidak berapa yang meninggal kejadian itu? Ada yang mau tebak berapa kira-kira yang meninggal kalau longsoran sampah jatuh? 157 orang. Jadi ada dua desa yang kelongsoran sampah," sambungnya.

Anies menambahkan peristiwa 15 tahun tersebut harus membawa hikmah untuk perubahan mind set dalam tata kelola sampah. Selain itu, sampah harus dipandang sebagai sisa (residu) hasil aktivitas sehari-hari yang dapat dimanfaatkan kembali.

"Karena itu, pesan hari ini adalah 'Kupilah'. Ku-nya kurangi, pi-nya pilah. lah-nya olah. Kurangi, pilah dan olah. Reduce, reuse, recycle," tutup mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA