Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendag Sepakat Bantu Perbaiki Pasar Raya Padang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 20 Februari 2020, 09:46 WIB
Kemendag Sepakat Bantu Perbaiki Pasar Raya Padang
Andre Rosiade/Net
rmol news logo Pemerintah Kota Padang meminta bantuan anggaran ke Kementerian Perdagangan untuk perbaikan Pasar Raya Padang Fase VII.

Permintaan itu disampaikan langsung saat sejumlah anggota DPRD Kota Padang dan Dinas Perdagangan Kota Padang berkunjung ke Kantor Kementerian Perdagangan pada Rabu (19/2).

Mereka datang bersama dengan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menemui Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Suhanto.

"Kita sudah melakukan audiensi, meminta bantuan pemerintah pusat agar Pasar Raya Padang khususnya fase VII itu diberikan bantuan APBN oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR," kata Andre kepada wartawan, Kamis (20/2).

Bagi politisi Partai Gerindra tersebut, permintaan itu sangat beralasan. Pasalnya, Pasar Raya Kota Padang Fase VII saat ini dalam kondisi rusak. Selain karena usia bangunan yang sudah tua, kerusakan juga timbul karena dampak bencana gempa bumi yang mengguncang Sumatera Barat tahun 2009 silam.

Artinya, sambung Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini, sudah 11 tahun pasar yang berusia 40 tahun itu rusak. Padahal setiap harinya pasar menampung ribuan pedagang dan pembeli yang datang.

"Tentu ini perlu bantuan dan perhatian pemerintah," harapnya.

Andre Rosiade mengurai bahwa audiensi tersebut berjalan lancar. Kemendag bahkan sepakat akan membiayai perbaikan dan pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII. Pembiayaan itu akan dimasukkan dalam APBN 2021 mendatang.

"Pak Dirjen sudah memberikan arahan dan petunjuk untuk dokumen-dokumen segera disiapkan Dinas Pasar dan Pemerintah Kota Padang. InsyaAllah 3 minggu ke depan, Dinas Pasar melalui surat resmi Walikota Padang dan rekomendasi Gubernur Sumatera Barat akan dikirimkan segera ke Menteri Perdagangan dan ditembuskan ke Menteri PUPR,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA