Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 19 Februari 2020, 15:42 WIB
Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir
Warga mulai membersihkan lumpur sisa banjir semalam/RMOLJatim
rmol news logo Akibat tanggul yang tak mampu menahan derasnya air sungai Kedunggaleng, banjir pun menerjang dua desa di Kecamatan Dringu, Selasa (18/2). Dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, ada 600 rumah warga yang jadi korban.

Tanggul yang jebol tersebut berada di Dusun Krajan Bandaran, Desa Dringu. Kemudian luapan air menggenangi rumah warga di Dusun Ngemplak, Desa Kedungdalem dan Dusun Krajan Bandaran dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter atau selutut orang dewasa.

“Hasil pendataan, tidak ada korban jiwa. Hanya air menggenangi dan masuk ke dalam rumah warga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu siang (19/2).

Saat ini, banjir yang menggenangi dua desa tersebut telah surut. Pihak BPBD bersama TNI- Polri dan dinas terkait serta warga pun mulai melakukan kerja bakti membersihkan lumpur sisa banjir.

Termasuk memperbaiki tanggul yang jebol. Sehingga potensi kembali terjadinya banjir saat hujan tiba bisa diminimalkan.

“Selanjutnya kita akan melakukan pembangunan tanggul yang jebol dalam waktu dekat. Supaya, air dari sungai tidak meluap ke rumah warga,” ujarnya.

Anggit melanjutkan, dalam peristiwa banjir yang melanda dua desa tersebut, tidak ada warga yang mengungsi. Sebab, banjir mulai surut setelah dua jam kemudian.

“Kalau soal warga yang mengungsi tidak ada laporan yang kami terima. Sebab banjir di dua desa tersebut mulai surut setelah dua jam,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA