Suksesnya Misi Kemanusiaan Penyelamatan WNI dari Wuhan Hasil Kerja Keras Berbagai Pihak

Selasa, 18 Februari 2020, 14:42 WIB
Laporan: Reni Erina

Dialog Menlu RI Bersama Tim Evakuasi WNI dari Wuhan/RMOL

Masa karantina bagi 238 WNI di Natuna telah usai. Pada Sabtu (15/2) seluruh WNI dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Sejak dievakuasi dari Wuhan pada 1 Februari,  hingga selesai menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, keseluruhan 238 WNI serta aparat yang ikut serta dalam penanganannya, dalam keadaan sehat

Ada 18 awak pesawat yang terlibat dalam misi evakuasi tersebut, juga partisipasi dari perwakilan KBRI Beijing, serta sejumlah aparat seperti TNI AU,  Polda, yang semua tergabung dalam Tim Aju dan Tim Evakuasi WNI dari Wuhan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudirini mengucapkan terima kasih atas suksesnya misi kemanusiaan dalam menyelamatkan WNI dari lokasi penyebaran virus paling berbahaya.

Ia menuturkan, semua itu adalah hasil kerja sama yang baik dari beberapa pihak terkait.

"Melakukan proses evakuasi seperti ini bukan pekerjaan mudah.
Teman-teman dari KBRI Beijing, perwakilan Tiongkok,  yang tergabung dalam Tim Aju dan Tim Evakuasi, TNIAU dan semua yang tidak bisa saya sebutkan, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga, atas peran serta dan bantuannya yat luar biasa," ujar Retno dalam acara Penyambutan Tim Aju dan Tim Evakuasi WNI dari Wuhan, Selasa (18/2).

Ucapan terima kasih secara khusus juga ia sampaikan kepada warga Natuna.

"Terima kasih kepada saudara-saudara kita di Natuna yg telah menerima WNI dengan tangan terbuka. Sehingga misi kemanusiaan ini bisa terlaksana hingga selesai."

Namun begitu, menurutnya tugas belum selesai. Masih banyajlk tugas yang memerlukan penanganan yang serius karena ada beberapa WNI yg masih berada di sejumlah negara yg terpapar virus corona.

"Ini adalah PR besar, dan kita akan melaksakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya," ujar Retno.

Ketua Tim Aju Perwakilan KBRI Beijing, Aryanto Suroyo, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tim yang terkait dalam misi kemanusiaan penyelamatan WNI di Wuhan.

"Kami tahu bahwa untuk menyelamatkan dan membawa pulang saudara kita yang ada di lokasi epidemi virus corona adalah suatu hal yang tidak mudah. Tapi berkat semangat dan dukungan bersama, semua bisa kita lewati," ujarnya.

Selama proses evakuasi, Aryanto tidak henti melakukan komunikasi, baik kepada Menlu Retno untuk melaporkan perkembangannya maupun kepada tim di lapangan.

Acara penyambutan Tim Aju dan Tim Evakuasi WNI dari Wuhan juga dihadiri oleh para anggota TNI,  18 awak pesawat Batik Air serta perwakilan KBRI Beijing.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020