MRT Fase 2A Dimulai, Anies Baswedan: Terima Kasih Presiden

Senin, 17 Februari 2020, 14:54 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Anies Baswedan (depan)/RMOL

Pembangunan MRT yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Harmoni sepanjang 2,8 kilometer dalam waktu dekat segera dibangun.

Penandatanganan Paket Kontrak Kerja dengan Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) terkait Design and Build Underground Section MRT Jakarta Project Phase 2 - Contract Package 201 (CP 201) telah dilakukan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan langsung proses tersebut.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menargetkan pengerjaan proyek itu selesai pada tahun 2024.

Selain itu, dia turut mengapresiasi Presiden RI Joko Widodo beserta jajaran pemerintah pusat atas kolaborasi yang intensif untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan MRT Jakarta Fase 2A.

"Terima kasih Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintah pusat yang telah memberikan dukungan terus-menerus," ujarnya di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2).

"Sebagian dari langkah yang harus dilakukan untuk fase 2A ini membutuhkan kolaborasi yang amat intensif dengan pemerintah pusat. Alhamdulillah kolaborasi itu berjalan dengan baik," tambahnya.

Pembangunan MRT Fase 2A ini dimulai dari stasiun eksisting Bundaran HI menuju ke Stasiun Kota, dengan jalur sepanjang total 6 kilometer. Jalur terdiri dari 7 stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Thamrin, Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok, dan Stasiun Kota.

Pada fitur kontrak pekerjaan MRT Jakarta Fase 2A, terdapat 3 paket kontrak sipil yang akan dilakukan, terdiri dari paket kontrak CP 201, CP 202 dan CP 203.

Periode konstruksi dimulai dari paket CP 201 yang akan dimulai pada Bulan Maret 2020 dan akan berlangsung kurang lebih selama 58 bulan dengan target selesai pada Desember 2024. Sedangkan paket pekerjaan CP 202 dan CP 203 direncanakan mulai dibangun pada Bulan September 2020.

Selanjutnya, PT MRT Jakarta juga akan melakukan integrasi pembangunan Fase 2B atau yang disebut sebagai Jalur Utara-Selatan dan akan dilanjutkan dengan pembangunan Jalur Timur-Barat.

Daerah Kota akan menjadi titik awal dibangunnya Fase 2B dengan titik pemberhentian di Ancol Barat. Fase 2B ini diperkirakan memiliki jalur sepanjang 5,8 Km yang terdiri dari 3 (tiga) stasiun, yaitu Stasiun Mangga Dua, Stasiun Ancol Marina, dan Stasiun Ancol Barat yang estimasi pengerjaannya akan mulai dibangun pada pertengahan Tahun 2022 dan beroperasi Tahun 2027. 

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020