Batan Rencanakan Whole Body Counting, Warga: Berarti Ada Sesuatu Yang Tidak Benar

Sabtu, 15 Februari 2020, 23:13 WIB
Laporan: Ahmad Satryo

Warga Batan Indah pertanyakan sejumlah hal kepada pihak Batan/RMOL

Pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Kepolisian Resort Tangerang Selatan melakukan pertemuan dengan warga komplek Batan Indah, Serpong, terkait temuan radiasi nuklir.

Dalam pertemuan itu, warga sekitar menyampaikan sejumlah pertanyaan terkait tingkat dampak, baik keamanan maupun kesehatan dari temuan radiasi nuklir ini.

Salah seorang warga RT 018/RW 04 Komplek Batang Indah, Moko, mengajukan sejumlah pertanyaan kepada pihak terkait yang hadir.

Hal utama yang disampaikan Moko ialah terkait luasan wilayah radiasi nuklir dari daerah paparan yang terletak di tanah kosong dekat lapang voli blok J, Komplek Batan Indah.

"Meskipun serpihan sudah diangkat, namun setelah itu ada pernyataan lanjutan dari pihak Bapetan, serpihan tersebut masih ada radiasi di atas normal. Apakah masih berbahaya?" tanya Moko di Balai Pertemuan Warga Komplek Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (15/2).

"Kedua terkait lokalisir batas wilayah yang aman dan tidak aman. Misalkan tidak berbahaya, kenapa mesti diberikan batas? Berarti ini masih tidak aman," sambungnya.

Selain itu, pensiunan Batan ini juga mempertanyakan rencana Whole Body Counting (WBC) atau cek kesehatan yang akan dilakukan Batan terhadap sejumlah warga komplek.

"Ini juga menimbulkan pertanyaan. Ini berarti ada sesuatu yang tidak benar. Sejauh apa adanya temuan Bapeten terhadap warga sekitar," sebut Moko menutup pertanyaannya.  
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020