Hasil Rakor, Satpol PP DKI Bisa Tertibkan Pengamen Ondel-ondel

Kamis, 13 Februari 2020, 20:17 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Pengamen menggunakan ondel-ondel/Net

Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja melakukan rapat koordinasi membahas penertiban ondel-ondel yang kini dimanfaatkan sebagai sarana mengamen.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa pihak terkait, di antaranya
Kesbangpol, dan beberapa sanggar serta komunitas kebudayaan Betawi. Hasilnya, ada beberapa kesepakatan yang nantinya akan diteruskan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Menyediakan tempat dan memfasilitasi para pemilik sanggar kesenian dan kebudayaan betawi termasuk para perajin ondel-ondel," ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/2).

Kesepakatan lain yang dihasilkan yakni menempatkan ondel-ondel pada kegiatan yang bersifat seremonial, festival, lebaran betawi dan acara-acara lain dalam upaya pelestarian kebudayaan Betawi.

Selain itu, akan dilakukan pendataan dan inventarisasi untuk mengetahui jumlah sanggar kesenian betawi dan perajin ondel-ondel.

Terakhir, Satpol PP DKI berhak melakukan penindakan dan penertiban terhadap orang atau kelompok yang menggunakan ondel-ondel sebagai sarana untuk mengamen yang mengganggu ketertiban umum.

Guna memperkuat kesepakatan ini, surat edaran yang akan dibawa ke Gubernur DKI Jakarta atau Sekretaris Daerah itu akan diteruskan kepada walikota, camat, lurah, RW, dan RT.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020