Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinas Kebudayaan DKI: Ondel-ondel Buat Ngamen Itu Menyakitkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 13 Februari 2020, 16:21 WIB
Dinas Kebudayaan DKI: Ondel-ondel Buat Ngamen Itu Menyakitkan
Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana/RMOL
rmol news logo Keberadaan ondel-ondel yang kini mulai beralih fungsi dan kerap digunakan sebagai media mengamen menjadi perhatian serius Pempro DKI Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana pun merasa bertanggung jawab dalam pelestarian ikon Betawi ini.

"Upaya-upaya melestarikan kebudayaan Betawi itu merupakan kewajiban Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Kebudayaan," tegas Iwan saat ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (13/2).

Upaya pelestarian ondel-ondel dilakukan Dinas Kebudayaan Pemprov DKI dengan memfasilitasi pihak yang memang dianggap layak melestarikan ondel-ondel tersebut, seperti pihak sanggar dan seniman.

"Jadi, kami lebih mengintensifkan kegiatan-kegiatan yang bersifat menfasilitasi para seniman dan sanggar, bukan orang-orang mengamen. Kalau dibuat untuk mengamen atau mengemis itu menyakitkan hati, melukai orang yang memiliki etnis kebetawian, termasuk saya," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan segera menggelar rapat bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta untuk membahas terkait masyarakat yang kerap menggunakan warisan budaya itu untuk mengais rezeki di jalanan.

"Apakah pengamen ditindak? Itu akan dirapatkan dengan Satpol PP hari ini," tandasnya. (16Mun) rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA