Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konsep Lain Ibu Kota Baru: One River, One Managament

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 13 Februari 2020, 00:58 WIB
Konsep Lain Ibu Kota Baru: One River, One Managament
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ibu Kota Negara (IKN) baru akan memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dengan luas lahan 256.142,74 hektar, Ibu Kota Negara Baru akan memiliki kawasan inti yang luasnya 56.180,87 hektar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Prawiradinata mengatakan, penentuan luas kawasan IKN tentu mempertimbangkan One River One Management, keterpaduan hulu-hilir dan karakter Daerah Aliran Sungai (DAS), serta batas Taman Hutan Raya (Tahura).

"Di daerah ibu kota yang hijau itu, segede Manhattan, di dalamnya banyak sungai-sungai. Nanti kita akan terapkan One River, One Management," terang Rudy.

Rudy menegaskan, setidaknya 50 persen di daerah yang 56.000 hektare itu merupakan Ruang Terbuka Hijau.  

"Jadi, paling tidak, lima puluh persen di daerah yang 56.000 hektare itu, yang tadi saya bilang seperti Manhattan kecil itu..., nanti (akan dibuat) blok-blok, seperti itu kurang lebih. Untuk pengembangan kotanya, nanti 50 persen paling tidak harus tetap Ruang Terbuka Hijau. Nanti konsepnya intinya seperti apa, dan lain-lain," ujar Rudy, di Jakarta.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), menjelaskan, bahwa ibu kota baru memiliki luas inti hampir sama dengan Manhattan. Bukan dibangun seperti konsep Manhattan. Ini sekaligus juga meluruskan berita yang beredar sebelumnya,
 
Visi IKN Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable diterjemahkan melalui pengembangan kota yang berdampingan dengan alam melalui konsep forest city serta smart and intelligent city.

“Melalui visi ini, ibu kota baru diharapkan dapat menjadi kota yang mengedepankan inklusi sosial dan modern, dengan tetap memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan, tambah Rudy. Untuk saat ini, menurut Rudy, konsep tersebut dianggap memadai dan menjadi pilihan terbaik, mengingat lokasi IKN berada di Pulau Kalimantan, yang memiliki karakter hutan hujan tropis dan berbagai ecological constraint. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA