Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Riza Patria Diprediksi Raup 70 Persen Suara DPRD DKI, Begini Analisanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 08 Februari 2020, 04:50 WIB
Riza Patria Diprediksi Raup 70 Persen Suara DPRD DKI, Begini Analisanya
Ahmad Riza Patria/RMOL
rmol news logo Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga mengatakan, Cawagub DKI Jakarta asal Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria lebih berpeluang menang dari lawannya, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis.

"Kalau berdasarkan hitung-hitungan paripurna, Riza paling berpeluang," kata Rico, Jumat (7/2) seperti dilansri dari Kantor Berita Politik RMOLJakarta.

Menurut Rico, karena proses pemilihan cawagub melalui pembahasan di DPRD Jakarta, maka Riza yang paling berpeluang.

Sebab saat ini Gerindra tengah berkoalisi dengan pemerintah. Sehingga peluang Gerindra melakukan lobi-lobi ke anggota DPRD lainnya lebih besar.

"Kalau dilihat DPRD Gerindra itu masuk ke dalam koalisi pemerintah, kalau di DPRD yang berpeluang Riza Patria karena patrai koalisi pemerintah pasti akan lebih nyaman diatur ketimbang PKS," ujar Rico.

"Ahmad Riza Patria bisa meraup 70 persen suara DPRD," tegas Rico.

Riza Patria bukan orang baru jika dikaitkan dengan posisi pemimpin pemerintah di DKI Jakarta. Dia pernah ikut Pilkada pada 2012 silam melawan pasangan Jokowi-Ahok bersama empat pasangan calon lainnya.

Kala itu, Riza menjadi calon wakil gubernur mendampingi cagub Hendardji Soepandji. Mereka tidak diusung parpol, melainkan independen meski Riza merupakan kader Gerindra.

Pilkada 2012 sendiri diikuti oleh 6 pasang calon. Di antaranya Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, Alex Noerdin-Nono Sampono, Hidayat Nur Wahid-Didik Rachbini, Faisal Basri-Biem Benyamin, dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria.

Namun, Hendardji-Riza hanya memperoleh 1,98 persen atau 85.990 suara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA