Jokowi Resmikan Monumen Fatmawati, Pimpinan DPD: Itu Bentuk Penghormatan Pada Jasa Pahlawan

Rabu, 05 Februari 2020, 15:34 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Upacara peresmian Monumen Fatmawati Soekarno/Ist

DPD RI apresiasi Presiden Joko Widodo yang meresmikan monumen Pahlawan Nasional Fatmawati Soekarno, di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, hari Rabu (5/02).

Fatmawati Soekarno adalah ibu negara pertama, istri presiden soekarno yang menjahit bendera pusaka sang Merah Putih.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Baktiar Najamudin, mengungkapkan sebagai kepala negara, presiden telah memberikan contoh bagaimana menghormati dan meneladani para pahlawan pendiri bangsa ini.

"Peresmian monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno oleh presiden merupakan bentuk penghormatan dan semangat untuk mengajak masyarakat Indonesia bagaimana meneladani perjuangan para pahlawan khususnya Ibu Fatmawati," ujar Baktiar kepada wartawan.

"Peristiwa ini juga memberikan pelajaran kepada kita semua termasuk anak cucu kita untuk bisa mengenal dan meneladani semua pahlawan nasional," katanya menambahkan.

Langkah Presiden Jokowi meresmikan monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno diharapkan dapat menjadi inspirasi semua pihak termasuk anak-anak muda untuk meneladani jasa-jasa para pahlawan.

"Kita bersyukur dengan ini. Semoga dengan peresmian kali ini anak anak kita semakin ingin mengetahui bagaimana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesiaā€¯, imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sambutanya pada acara peresmian monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno mengungkapkan Fatmawati Soekarno merupakan sosok yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia.

"Ibu Fatmawati bukan hanya ibunya warga Bengkulu tapi juga ibunya seluruh rakyat Indonesia. Beliau selamanya akan dikenang karena visi dan pandangan beliau yang jauh ke depan," ujar Jokowi.

Ibu Fatmawati sangat berjasa dalam menjahit bendera merah putih yang dijahit dengan tangan dia sendiri. Oleh karenanya, monumen pahlawan nasional Fatmawati Soekarno menjadi bukti hormat kita kapada beliau.

"Semoga kita bisa meneladani sikap kenegarawanan beliau. Sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara," pesan Baktiar.

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020