Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Anies Baswedan: Persahabatan Dengan Gus Sholah Sudah Tiga Generasi

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 04 Februari 2020, 07:48 WIB
Anies Baswedan: Persahabatan Dengan Gus Sholah Sudah Tiga Generasi
Anies Baswedan/Net
Kehilangan atas sosok pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Shalahudin Wahid (Gus Sholah) turut dirasakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu bahkan hadir langsung dalam prosesi pemakaman Gus Sholah di Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2).

Di mata Anies Baswedan, adik dari Presiden keempat RI KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu merupakan sosok yang bijak, merangkul semua dan berwawasan tinggi.

Anies Baswedan sendiri mengaku sudah sering bertamu ke kediaman Gus Sholah di Komplek Pondok Pesantren Tebuireng. Selain menjalin silaturahim, Anies juga kerap berdiskusi dengan Gus Sholah hingga larut malam.

“Bahkan ketika saya belum bertugas di Jakarta pun sering diskusi, ngobrol, silaturahmi, dan saya pernah nginap di sini dan diskusi dari malam sampek pagi dengan Gus Sholah,” kenang mantan rektor Universitas Paramadina tersebut seperti dikutip RMOLJatim.

Tidak hanya itu, Anies Baswedan juga mengaku sering mendapat pesan dari Gus Sholah melalui WhatsApp jika ada sesuatu yang dirasa perlu dikritik.

Saking dekatnya, dia menyebut hubungan keluarganya dengan keluarga Gus Sholah sudah generasi ketiga. Persahabatan itu terjalin sejak ayah Gus Sholah, Wahid Hasyim berteman dengan kakek Anies, Abdurrahman Baswedan.

Hubungan berlanjut hingga ke dirinya dengan Gus Ipang Wahid, anak Gus Sholah.

“Ini persahabatan tiga generasi, kakek saya dengan ayahnya, lalu ayah kami dengan Gus Sholah, lalu sekarang saya dengan Gus Ipang. Jadi tiga generasi kita,” demikian Anies.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA