Maksimalkan Potensi Perikanan Di Sumsel, Edhy Prabowo: Di Sini Semua Ikan Bisa Dibudidayakan

Senin, 27 Januari 2020, 10:04 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Menteri KKP, Edhy Prabowo, saat bertemu para pejabat tinggi se-Sumatra Selatan, Minggu (26/1)/Dok KKP

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan berupaya memaksimalkan potensi perikanan budidaya di Sumatra Selatan. Sebab, ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakan di Sumsel.

Hal ini disampaikan Menteri Edhy saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel, Herman Deru, beserta Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan di Griya Agung atau Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Minggu malam (26/1).

"Waktu saya dipanggil Presiden sebagai menteri, ada dua arahan Presiden. Maksimalkan budidaya dan perbaiki komunikasi dengan nelayan. Saat mendengar budidaya saya ingat kampung halaman saya Sumatra Selatan," papar Menteri Edhy disambut tepuk tangan hadirin.

Lebih dari itu, Edhy melihat banyak potensi di bidang perikanan di Sumatra Selatan yang belum digarap maksimal. Karena itu dia ingin program-program budidaya ini segera terlaksana.

Yang paling utama, kata Edhy, ia ingin mengoptimalkan budidaya serta terus membangun komunikasi dengan stakeholder di mana pun, termasuk Sumsel. Tujuannya agar program-program di sektor kelautan dan perikanan bisa terealisasi dan dinikmati masyarakat luas.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini juga menginginkan Sumsel yang sudah kental dengan tradisi budidaya ikan, tidak lagi mengeluh soal pembenihan, pembesaran, mahalnya pakan, dan lainnya. Sebab ada banyak program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bisa membantu hal itu.

"Semua jenis ikan bisa dibudidayakan di Sumsel. Ikan Belida sekarang sudah bisa diperbanyak, ikan baung, ikan gabus, ikan kerapu sudah bisa dibudidayakan. Tinggal kesungguhan stakeholder-nya agar ikan ini terus bertambah dan terjaga keberadaannya," sambungnya.

Tak hanya budidaya, Edhy juga ingin perikanan tangkap ikut menjadi perhatian. Mengingat potensi di sektor ini juga cukup besar. Seperti di wilayah Sungsang, Kabupaten Banyuasin.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020