Ditemani Istri, Ridwan Kamil Gunting Pita Resmikan Jembatan Gantung Baru

Minggu, 26 Januari 2020, 21:40 WIB
Laporan: Diki Trianto

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil resmikan jembatan gantung baru di Garut/RMOLJabar

Warga Kecamatan Karangpawitan kini tak perlu lagi memutar jalan untuk sampai ke Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Pasalnya, dua kecamatan tersebut kini dihubungkan dengan  jembatan gantung yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang juga didampingi istrinya, Minggu (26/1).

Dalam peresmian tersebut dilakukan juga prosesi gunting pita. Setelah itu, Emil bersama istrinya langsung mencoba melintasi jembatan itu. Keduanya juga sempat berswafoto bersama.

Sementara itu, satu per satu anak sekolah menghampirinya ke tengah jembatan untuk bersalaman. Sedangkan di sisi seberang, yang masuk wilayah Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan, warga juga telah menantikan kedatangan orang nomor satu di Jabar itu.

Emil mengatakan, pembangunan jembatan itu dibangun melalui program Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa) pada 2019. Jembatan yang menghubungkan membentang di atas Sungai Cimanuk itu adalah satu di antara 23 jembatan gantung yang dibangun di Jabar.

“Beberapa waktu lalu kami menyaksikan foto-foto viral, ada warga dan anak sekolah yang harus mempertaruhkan nyawa melintasi sungai demi belajar. Di sini salah satunya,” kata Emil dilansir Kantor Berita RMOLJabar.

Sebelum adanya jembatan, warga sekitar mesti mengambil jalan memutar yang jauh jika ingin menyeberang atau dengan menggunakan rakit. Namun, tak jarang rakit yang digunakan mengalami kecelakaan dan tenggelam.

“Karena itu kami buatkan jembatan dengan program Jantung Desa,” imbuhnya.

Setelah diresmikan, diharapkan jembatan gantung tersebut dapat berguna untuk warga sekitar. Warga tak perlu lagi memutar jauh untuk melintasi sungai atau bertaruh nyawa dengan menggunakan rakit demi menyebrang sungai.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020