Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waketum Kagama: Semoga 2024 Indonesia Dipimpin Alumni UGM Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Minggu, 26 Januari 2020, 12:08 WIB
Waketum Kagama: Semoga 2024 Indonesia Dipimpin Alumni UGM Lagi
Kampus Universitas Gadjah Mada/Net
rmol news logo Saat ini, banyak alumni Universitas Gadjah Mada yang menduduki jabatan publik penting. Bahkan, selama dua periode terakhir, Indonesia dipimpin oleh Presiden yang merupakan alumni UGM.

Wakil Ketua Umum Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada), Anwar Sanusi mengatakan, banyaknya alumni UGM yang menduduki jabatan publik penting membuat UGM dan Kagama menjadi sorotan publik. Sekjen Kementerian Desa dan PDT itu mengingatkan, alumni UGM harus mampu menjadi panutan bagi masyarakat.

"Alumni UGM juga harus mau memberikan masukan dan mengingatkan tokoh-okoh alumni yang saat ini menduduki jabatan publik apabila ada hal-hal yang dianggap kurang benar," ujar Anwar saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Kagama Jawa Barat di Bandung, Minggu (25/1).

Anwar menambahkan, pada era tahun 80an hingga 90an dulu, sempat muncul istilah Mafia Berkeley yang merujuk kepada alumni-alumni Universitas Berkeley yang menduduki berbagai posisi strategis di pemerintahan saat itu.

"Mereka kemudian disalahkan publik saat ada masalah yang muncul belakangan. Jangan sampai alumni UGM juga disalah-salahkan nantinya," ujarnya.

Ipar Cak Imin itu juga meminta agar alumni UGM optimis memandang Indonesia ke depan. Anwar juga menyinggung soal rencana pemindahan ibukota negara.

Menurut Anwar, rencana pemerintah itu  harus didukung demi mengurangi beban Pulau Jawa yang daya dukung lingkungannya kian merosot. "Beban Jawa Barat sebagai penopang Jakarta, dengan sendirinya juga terkurangi secara signifikan saat ibukota RI dipindah," tambah dia.

Anwar meminta alumni UGM untuk terus mewujudkan slogan "guyub, rukun, migunani (bermanfaat)" dalam kehidupan sehari-hari. Slogan itu dinilai sukses menyemangati alumni UGM untuk terus berkarya dan bekerjasama demi membangun dan menjaga persatuan Indonesia.

"Semoga 2024 Indonesia dipimpin alumni UGM lagi," tutupnya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA