Kontraktor Revitalisasi Monas Berkualifikasi Baik, Kok PSI Sebut Asal-usul Tidak Jelas?

Jumat, 24 Januari 2020, 23:27 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Ilustrasi Monas paska direvitalisasi/Repro

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menilai ada ketidakjelasan asal-usul kontraktor proyek revitalisasi Monas yang digarap oleh PT Bahana Prima Nusantara.

Bahkan, mereka mengaku menemukan PT Bahana Prima menyewa kantor visual yang berlokasi di Jalan Nusa Indah No. 33, Ciracas, Jakarta Timur sesuai dengan alamat yang tercantum di website lpse.jakarta.go.id

Menanggapi tuduhan partai besutan Grace Natalie itu, Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Blessmiyanda, menjelaskan bahwa pelaksanaan lelang penyedia telah menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang terkoneksi secara online dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Sebelum menentukan pemenang lelang, BPPBJ sudah mengecek ke daftar blacklist yang ada di sistem lelang elektronik LPSE," jelasnya.

Blessmiyanda menambahkan, pelaksanaan lelang merujuk pada Perpres 16/2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Kami juga mengecek bahwa pemenang lelang (Bahana Prima Nusantara)  pernah menjalankan proyek di Sumatera Barat, secara kualifikasi memang baik,” sambungnya.

Sedangkan Pedoman Teknis lelang merujuk pada Peraturan Lembaga 9/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Barang dan Jasa Melalui Penyedia yang dikeluarkan oleh LKPP.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020