Besok Curah Hujan Lebat, Waspada Jakarta Dalam Status Siaga Banjir

Jumat, 24 Januari 2020, 13:51 WIB
Laporan: Reni Erina

Ilustrasi Curah Hujan/Net

Siap-siap, besok saat Hari Raya Imlek, Sabtu (25/1) DKI Jakarta akan mengalami hujan deras. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menyatakan wilayah DKI Jakarta dalam status siaga banjir.

Sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia dan atmosfer Indonesia dalam posisi labil.  Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo mengatakan hal itu disebabkan oleh peningkatan potensi awan hujan.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," ujar Mulyono dalam keterangan tertulis, Jumat (24/1).

Sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia, tepatnya di selatan Lampung diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020. Kondisi alam itu akan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Sementara kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," terangnya.

BMKG juga memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat atau petir dalam sepekan ke depan (24-26 Januari 2020). Potensi ini akan terjadi di wilayah hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Mulyono mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam," ujar Mulyono.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020