Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perebutan Cawagub DKI, Pertarungan PKS VS Gerindra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 23 Januari 2020, 14:33 WIB
Perebutan Cawagub DKI, Pertarungan PKS VS Gerindra
Cawagub DKI/RMOL
rmol news logo Perebutan kursi nomor dua DKI Jakarta semakin seru setelah kedua partai pengusung yakni Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya bersepakat berbagi nama calon Wakil Gubernur (Cawagub).

PKS mencalonkan kader terbaiknya yakni Nurmansjah Lubis sedangkan untuk Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, terpilih untuk maju menjadi kandidat Cawagub.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta yang juga merupakan Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, menyatakan kedua figur Cawagub tersebut memiliki peluang yang sama untuk menang.

"Tetapi kalau melihat posisi Gerindra yang ada di barisan pemerintah, kecenderungan sentimen koalisi parpol pemerintah relatif menguntungkan Gerindra karena PKS oposisi sendirian," ujarnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/1).

Kendati begitu, Adi menambahkan, jika di telisik lebih dalam pemilihan Wagub DKI sesungguhnya terletak pada otoritas personal anggota DPRD bukan kelembagaan partai.

"Di situlah peluang PKS menang. Saat ini semua tergantung bagaimana meyakinkan tiap anggota DPRD," ungkap Adi.

Lebih lanjut Adi menyatakan bahwa sejatinya dua kandidat Cawagub DKI yang diusulkan hanyalah sebatas simbol yang tak terlampau mempengaruhi keterpilihan.

"Yang bisa menentukan adalah mesin partai. Jadi pertarungannya antara Gerindra dan PKS. Apalagi tak ada fit and proper test Cawagub," pungkasnya.rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA