Sekretaris pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Agus Suyatno mengatakan, insiden yang dialami Ilham Bintang harus menjadi catatan semua provider dalam melindungi data konsumen.
"Nah ini menjadi catatan bagaimana provider memberikan perlindungan data bagi konsumennya," ucap Agus Suyatno kepada
Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/1).
Agus mengakui, persoalan perlindungan data pribadi di Indonesia masih sangat lemah. Apalagi, konsumen di Indonesia mudah memberikan data kepada pihak lain.
"Di satu sisi konsumen memberikan data begitu mudah, di sisi lain pelaku usaha itu tidak memberikan jaminan bagi konsumen bahwa data yang diserahkan itu akan dikelola dengan baik," jelasnya.
Akibatnya, konsumen seringkali dirugikan oleh perusahaan yang menyebarkan datanya kepada pihak ketiga.
Sehingga, YLKI berharap perusahaan harus bisa lebih memperhatikan jaminan perlindungan data diri konsumennya agar tidak terjadi insiden serupa di masa depan.
"Ini menjadi catatan, bahwa di Indonesia memang data pribadi belum dikelola atau jaminan kerahasiaan data pribadi konsumen itu belum dikelola dengan baik," pungkasnya.
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: