Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pangkas 4.800 Tenaga Honorer, Pemprov Sumut Diam-diam Lakukan Perekrutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 19 Januari 2020, 00:06 WIB
Pangkas 4.800 Tenaga Honorer, Pemprov Sumut Diam-diam Lakukan Perekrutan
Ilustrasi pegawai negeri sipil/Net
RMOL. Pemangkasan tenaga honorer di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang menjadi kebijakan Gubernur Edy Rahmayadi dengan alasan efisiensi anggaran sudah berlangsung belakangan ini.

Namun, di tengah proses pemangkasan tersebut, sejumlah OPD justru melakukan rekrutmen. Bahkan proses seleksi dilakukan secara tertutup tanpa pengumuman kepada publik.

Data yang diperoleh Kantor Berita RMOLSumut, beberapa OPD yang membuka seleksi tenaga honorer antara lain Biro Humas dan Keprotokolan serta Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprov Sumut.

Biro Umum dan Perlengkapan, melaksanakan seleksi sekitar dua minggu lalu. Sedangkan Biro Humas dan Keprotokolan, membuka seleksi melalui ujian pada Senin (13/1).

Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu, Achmad Fadly, tidak membantah seleksi tersebut, termasuk soal pelaksanaannya yang dilakukan tertutup. Ia beralasan hal ini karena pesertanya adalah dari kalangan honorer yang lama.

“Memang nggak ada kita umumkan (baik melalui website atau media massa). Kami pikir karena orangnya itu-itu juga, ya tak perlu kali lah. Nanti banyak kali yang daftar, pening juga kita. Kecuali kalau memang buka rekrutmen baru. Ini kan hanya perpanjangan saja istilahnya,” katanya kepada wartawan, Jumat (17/1).

Disinggung bahwa idealnya menurut undang-undang tenaga kerja bahwa setiap rekrutmen pegawai baru apalagi di jajaran pemerintahan, mesti mengumumkan secara resmi dan terbuka prosesnya, Fadly tak dapat berkomentar banyak.

“Begitu ya, tapi memang ini kan cuma melanjutkan saja. Kalau tadi kita buka baru, boleh lah (diumumkan resmi). Ini kan itu-itu aja orangnya,” ujarnya lagi.

Ia sebelumnya mengaku sebanyak 180 tenaga honorer di instansinya sudah dirumahkan terhitung awal tahun ini. Mayoritas tenaga honorer yang tak diperpanjang kontrak itu, yakni supir. Sisanya mereka yang bertugas di bagian umum seperti petugas Unit Layanan Administrasi (ULA) Kantor Gubernur.

Sementara seleksi di Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut dilakukan dengan bekerja sama dengan Tim Asesmen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tebing Tinggi.

“Memang nggak dibuka secara umum. Dan tidak ada diumumkan,” tutup Kabag Humas pada Biro Humas dan Keprotokolan, Iwan Siregar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA