Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manfaatkan Akhir Pekan Warga Bisa Urus Paspor Di Festival Keimigrasian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 Januari 2020, 14:34 WIB
Manfaatkan Akhir Pekan  Warga Bisa Urus Paspor Di Festival Keimigrasian
Warga Berdatangan Ke Festival Keimigrasian/Net
rmol news logo Menyambut Hari Bhakti Imigrasi yang akan diperingati pada 26 Januari, Jenderal Imigrasi kembali menggelar kegiatan Festival Keimigrasian. Festival tahunan ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19/1), di Halaman Gedung BRI Pusat, Jakarta Pusat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam festival ini, Dirjen Imigrasi menyediakan pelayanan pengurusan paspor, baik untuk pembuatan baru, penggantian, maupun perpanjangan.

Panitia bekerja sama dengan Bank BRI menyiapkan 1.400 kuota antrean pemohon paspor yang dilayani dalam Pelayanan Paspor Simpatik.

Pemohon yang dilayani merupakan warga yang telah mendaftar melalui aplikasi antrean paspor daring. Pemohon tinggal datang menunjukkan kode antrean kepada petugas selanjutnya akan diwawancara serta diambil foto dan sidik jari.

"Hari ini (kuota) 700 pemohon besok 700, mereka ini yang sudah mendaftar secara online," kata Sekretaris Jenderal Kemenkum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto.

Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie, mengatakan bagi masyarakat yang masuk kategori prioritas (disabilitas, ibu hamil, balita, lansia) tidak perlu mengantre dan bisa langsung menjalani pembuatan paspor secara walk in.

Dirjen Imigrasi akan mengevaluasi kegiatan selama bulan Bhakti Imigrasi untuk mengukur kemampuan layanan pengurusan paspor di weekend

Paspor akan jadi dalam waktu empat hari kerja dan langsung dikirimkan ke rumah dengan jasa PT Pos. Pemohon tinggal menyebutkan alamat yang dituju dan membayar biaya pengiriman di teller BRI.

Di samping pelayanan paspor, panitia bekerja sama dengan perwakilan negara sahabat menggelar pameran budaya dan pariwisata. Tercatat, ada 9 perwakilan negara yang tampll yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, Austraua, Jepang, Kolombia, Malaysia, Maroko, Tiongkok, dan Uzbekistan.

Selain pameran budaya, pelayanan visa juga turut dihadirkan oleh perwakilan kedutaan besar negara asing.

Salah seorang warga, yang datang, Nuning (30) senang dengan adanya festival ini. Ia terbantu dalam membuat paspor terutama bagi mereka yang hanya punya waktu luang di akhir pekan.

Nuning pun menjelaskan tata cara bagi pemohon paspor di Festival Keimigrasian tahun ini.

"Kita tunjukin kode antrian yang sudah kita dapatkan secara online di aplikasi layanan paspor online. Pilih lokasi pendaftaran paspor di "Festival Keimigrasian 2020".  Nanti petugas akan ambil foto kita dan diwawancara, trus kita lakukan pembayaran di teller BRI yang ada di lokasi ini," kata Nuning.

Nuning pun diminta menunggu selama 4 hari karena paspor akan diantar ke rumah.

"Sangat terbantu. Soal syarat ya hampir sama dengan biasanya membuat paspor, hanya saja buat yang punya waktu hanya di weekend jadi lebih mudah," katanya, Sabtu (18/1). rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA