Nadiem: Sinetron Indonesia Jangan Hanya Pikirkan Rating Dan Di Zona Itu-itu Saja

Sabtu, 18 Januari 2020, 06:22 WIB
Laporan: Reni Erina

Mendikbud Nadiem Makarim/Net

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan pandangannya mengenai sinetron Indonesia. Nadiem membuat catatan khusus untuk rumah produksi  agar mengemas cerita yang berkualitas dengan mengandalkan rasa ingin tahu masyarakat.

Menurutnya, sinetron saat ini sudah berkembang cukup cepat.  Sehingga,  alangkah baiknya, sinetron bisa diramu menjadi sebuah film yang bisa membuat masyarakat bisa menambah rasa pengetahuannya, dan jangan dibuat hanya memikirkan soal rating penonton saja.

"Alangkah baiknya, sinetron ini bisa memberikan norma-norma dan azas yang memaksa penontonnya untuk berpikir. Setidaknya buat para penonton bertanya-tanya dan meningkatkan curiosity [rasa ingin tahu]," ujarnya saat menjadi pembicara di Indonesia Millennial Summit 2020 di Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Nadiem berharap, seluruh rumah produksi sinetron bisa membuat cerita yang berbeda dan tidak berkutat di zona itu-itu saja.

Sebagai Mendikbud, Nadiem mengaku memiliki mandat dalam mengembangkan budaya dan seni Indonesia. Dia berjanji akan terus berusaha meningkatkan kualitas dan akses kepada para pegiat seni nasional.

"Jangan lupa saya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya punya mandat untuk mengembangkan budaya dan seni Indonesia," seru Nadiem diikuti gemuruh tepuk tangan pengunjung yang hadir.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020