Diganjar Penghargaan Dunia, Transjakarta Masih Akan Berbenah

Jumat, 17 Januari 2020, 23:23 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Transjakarta/Net

Penghargaan Sustainable Transport Award 2020 yang dianugerahkan kepada transportasi DKI Jakarta, khususnya Bus Rapid Transit (BRT) garapan Transjakarta tak menyurutkan Pemprov DKI bersama instansi terkait untuk terus memajukan transportasi ibukota.

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI, PT Transportasi Jakarta akan memberikan pelayanan terbaik melalui kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung, sebagai bentuk dukungan, Transjakarta hingga 10 tahun ke depan akan membuat sistem transportasi di Jakarta khususnya BRT menjadi transportasi yang tidak hanya terintegrasi, melainkan ramah lingkungan dan unggul dalam bidang lainnya.

“Pertama-tama rantai sistem transportasi berbasis ramah lingkungan, diawali dengan bus listrik yang akan beroperasi segera," kata Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/1).

Hal lain yang ditingkatkan, lanjut Agung, adalah perusahaan pembiayaan untuk melapisi public service obligation (PSO), di antaranya peningkatan pemanfaatan asset. Hal lain yang menjadi tantangan adalah bagaimana membentuk budaya mandiri dalam bertransportasi.

Dalam hal ini, secara perlahan Transjakarta mulai melakukan perubahan dengan menerapkan sistem wayfinding dan alat tap on bus (TOB) yang sudah diberlakukan dan terus disosialisasikan hingga saat ini.

“Dengan begini, kami optimis bisa beriringan mengajak masyarakat beralih dari kendaraan umum ke transportasi publik. Ini seiring dengan cita-cita Pemprov DKI mewujudkan Jakarta menjadi kota 4.0,” tegas Agung.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dianugerahi penghargaan tingkat dunia dari Komite Sustainable Award (STA) atas keberhasilannya dalam mengembangkan platform transportasi yang berkesinambungan, khususnya Bus Rapid Transit (BRT), Transjakarta.

Dalam hal ini, Jakarta dinilai berhasil mengembangkan BRT atas dobrakan Gubernur Sutiyoso hingga integrasi antarmoda Gubernur Anies Rasyid Baswedan yang kini telah memainkan peran signifikan dalam keseharian transportasi masyarakat ibukota.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020