Siap Berlayar Ke Natuna, 40 Kapal Nelayan Rembang Tunggu Subsidi Pemerintah

Selasa, 14 Januari 2020, 09:08 WIB
Laporan: Agus Dwi

Nelayan Rembang siap berlayar ke Natuna kalau bantuan pemerintah sudah turun/RMOLJateng

Sedikitnya 40 kapal berbobot di atas 80 gross ton (GT) akan berangkat melaut ke Natuna untuk mengisi kekosongan perairan setempat sehingga tindakan ilegal fishing (pencurian ikan) kapal-kapal asing bisa dikurangi.

Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Bangkit (ANDAB) Rembang, Suyoto mengatakan, dengan jumlah kapal tersebut diperkirakan akan ada 800 orang ABK yang akan berangkat ke perairan Natuna.

Namun demikian, keberangkatan para nelayan dari wilayah Pantura ini masih menunggu kesepakatan dari pemerintah dengan para nelayan.

"Kami masih menunggu pertemuan lanjutan dengan pemerintah, soal (operasional) keberangkatan," kata Sutoyo, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Sebagai perwakilan asosiasi, pihaknya sudah melakukan satu kali melakukan pertemuan dengan kementerian terkait. Bahkan sudah ada pertemuan lanjutan pada 12 Januari kemarin.

Pertemuan pemerintah dengan para nelayan membahas harapan para nelayan. Di antaranya, soal subsidi BBM untuk bahan bakar kapal, dan jaminan keamanan dari aparat dari gangguan nelayan asing. Selain itu, nelayan lokal juga mau menerima kedatangan nelayan luar daerah.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Sakit Hati, Warga Tanjung Priok Demo Yasonna Laoly

Rabu, 22 Januari 2020
Video

Penangkapan Pelaku Pencurian Proyek Stadion Jatidiri Semarang

Kamis, 23 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Nikah | Puisi Hari Ini

Kamis, 23 Januari 2020