Bang Japar Bela Anies Baswedan Soal Banjir Berdasarkan Data

Selasa, 14 Januari 2020, 07:56 WIB
Laporan: Widian Vebriyanto

Fahira Idris/Net

Sekelompok orang akan menggelar aksi di depan Balaikota DKI Jakarta pada siang ini, Selasa (14/1). Mereka terbagi dalam dua kelompok. Pertama, kelompok yang ingin menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait bencana banjir. Sedang kelompok kedua mendukung Anies.

Artinya, kata Senator DKI Jakarta, Fahira Idris, aksi sekelompok orang yang menyalahkan gubernur bahkan menuntutnya mundur, bukan aspirasi yang sepenuhnya mewakili warga Jakarta. Sebab ada kelompok warga yang berinisiatif untuk mengawal balaikota dan mendukung kerja Anies menangani banjir.

“Ini karena mereka lebih paham konstruksi penyebab banjir Jakarta dan menyaksikan langsung penanggulangan banjir saat ini lebih baik periode sebelumnya,” ujar Fahira kepada wartawan, Selasa (14/1).

Ketua Umum Bang Japar itu mengurai bahwa pembelaan yang dilancarkan kepada kinerja Pemprov DKI Jakarta didasarkan atas data dan fakta, bukan berdasarkan asumsi.

Berdasarkan catatannya,  penyebab banjir kemarin akibat hujan paling ekstrem dan tertinggi sejak 154 tahun lalu. Sementara sebaran dampak mulai dari kecamatan terdampak, kelurahan terdampak, warga terdampak, jumlah pengungsian, lama genangan, dan lainnya yang berkurang signifikan dibanding banjir-banjir besar sebelumnya.

Artinya progres penanggulangan banjir di DKI saat ini sudah berlangsung di jalur yang tepat. Atas alasan itu juga, dia menurunkan Bang Japar untuk menjaga Balaikota.

“Konstituen saya memahami ini dan mereka meminta saya melakukan sesuatu, setidaknya meng-counter penggiringan opini dan ‘serangan’ tidak berdasar terhadap pemprov dan gubernur,” ujarnya.

Kolom Komentar


Video

Sakit Hati, Warga Tanjung Priok Demo Yasonna Laoly

Rabu, 22 Januari 2020
Video

Penangkapan Pelaku Pencurian Proyek Stadion Jatidiri Semarang

Kamis, 23 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Nikah | Puisi Hari Ini

Kamis, 23 Januari 2020