Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Korban Lebak, PKS Minta Pemerintah Percepat Pemulihan Bencana Banjir Bandang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 13 Januari 2020, 22:18 WIB
Kunjungi Korban Lebak, PKS Minta Pemerintah Percepat Pemulihan Bencana Banjir Bandang
Rombongan PKS mendatangi korban banjir bandang di Lebak/Ist
rmol news logo Pemerintah diminta mempercepat proses tanggap bencana dan pemulihan pasca bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak Banten.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Salim Segaf Aljufri saat meninjau langsung korban banjir bandang di lokasi bersama dengan Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini beserta rombongan.

"Kasihan warga, padahal ini sudah dua minggu sejak bencana terjadi. Harus ada koordinasi yang sinergi antara pemerintah dan para relawan agar bantuan menjangkau seluruh masyarakat," kata Salim dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (13/1).

Menurutnya, keselamatan dan keamanan warga dan harta benda menjadi hal utama yang diselamatkan.

PKS sendiri, jelasnya, berkomitmen terus mendampingi korban dan membantu proses rehabilitasi bencana hingga tuntas.

"Ini bentuk khidmat kami kepada rakyat. Kader-kader PKS siap menyalurkan bantuan, mengevakuasi warga, serta membantu rehabilitasi lingkungan dan rumah korban banjir bandang Lebak," lanjut mantan Menteri Sosial RI Periode 2009-2014 ini.

Terkait kebijakan tanggap bencana, Ketua Majelis Syuro PKS langsung memerintahkan kepada Ketua Fraksi PKS DPR dan DPRD untuk mendesak Pemda dan [emerintah melalui kementerian terkait agar mempercepat penanganan bencana, proses evakuasi dan relokasi warga, serta realisasi pembangunan Waduk Kariyan.

Merespons hal tersebut, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini yang hadir di lokasi menegaskan telah memerintahkan anggota Komisi Fraksi PKS DPR untuk mendesak Kementerian PUPR dan kementerian terkait lainnya agar segera merealisasikan pembangunan waduk yang sempat mangkrak selama 35 tahun itu.

"Kami pertanyakan kenapa pembangunan Waduk Kariyan tertunda proses pembayaran lahannya, padahal sudah ada kesepakatan harga dengan warga. Kehadiran waduk tersebut sangat urgent untuk mencegah banjir bandang seperti saat ini," ungkap Jazuli.

Selain di Kecamatan Sajira, rombongan juga mengunjungi korban di Kecamatan Lebakgedong dan Cipanas. Secara khusus, Habib Salim dan rombongan juga mengunjungi dan bersilaturahim ke Ponpes La Tansa dan Ponpes Al Futuhiyah Lebak yang juga kediaman Ketum FPI Banten, Abuya Qurthubi Jaelani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA