BNPB Imbau Warga Waspada Dampak Siklon Tropis Claudia

Senin, 13 Januari 2020, 18:23 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Ilustrasi/Net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis adanya potensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dan kilat akibat dari siklon tropis Claudia untuk dua hari ke depan atau hingga Rabu (15/1).

Menanggapi informasi ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia mengimbau agar semua pihak mewaspadai potensi bahaya dampak dari angin yang kemungkinan mencapai lebih dari 100 km/jam tersebut.

Walau demikian, BMKG memprediksi arah siklon Claudia akan menjauhi Indonesia untuk 24 jam ke depan.

"BMKG memantau pertumbuhan siklon tropis di perairan barat Darwin, Australia. Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina hingga dapat berdampak ke wilayah nusantara," cuit BNPB dalam akun Twitternya sesaat lalu.

Ada pun, BMKG menyebutkan konvergensi dari siklon ini akan mempengaruhi Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung hingga Laut Jawa bagian barat.

Sementara itu, belokan angin terdapat di Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Selat Karimata dan Kalimantan Utara.

Disebutkan BMKG, untuk wilayah yang terdampak hujan lebat berada di Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sedangkan untuk angin kencang berkecepatan lebih dari 37 km/jam akan menghinggapi Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Sementara untuk perairan selatan Bali mulai dari perairan selatan Pulau Sumba, Samudera Hindia, perairan selatan Jatim, selatan NTB, perairan Pulau Sabu dan Pulau Rote akan mendapatkan gelombang dengan ketinggian sekitar 2,5 hingga 4 meter.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020