Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jateng Gratis SPP, SMAN 2 Pati Kembalikan Uang Siswa Rp 209 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 13 Januari 2020, 16:21 WIB
Jateng Gratis SPP, SMAN 2 Pati Kembalikan Uang Siswa Rp 209 Juta
SMA Negeri 1 Pati telah mengembalikan uang SPP siswa secara bertahap/RMOLJateng
rmol news logo Program gratis Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berlaku secara resmi per Januari 2020. Bagi sekolah yang sudah terlanjur memungut SPP, diinstruksikan untuk mengembalikannya secara penuh.

Hal itu lah yang dilakukan SMA Negeri 2 Pati menyusul program SPP gratis bagi pelajar SMK, SMA, SLB Negeri di Jawa Tengah (Jateng) yang digulirkan Gubernur Ganjar Pranowo mulai Januari 2020.

Kepala Sekolah SMA N 2 Pati Budi Santosa mengatakan, berdasarkan instruksi terkait SPP Gratis mulai Januari tahun ini, pihaknya menyikapi dengan cara mengembalikan SPP yang terlanjur dibayar. Totalnya mencapai Rp 209,4 juta yang dikembalikan kepada 486 wali murid.

"Pengembalian itu diberikan secara langsung kepada orang tua siswa. Mereka mendapatkan uang tunai sesuai dengan kelebihan dari SPP yang sudah dibayarkan," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (12/1).

Pengembalian uang SPP itu telah dilakukan secara bertahap sejak Jumat (10/1) lalu.

Sebagai ganti uang SPP, Pemprov Jateng akan memberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 1,24 juta per siswa setiap tahunnya. Pihak sekolah pun mengaku siap mengoptimalkan anggaran tersebut secara efektif dan efisien.

"Kami mendukung dan mengapresiasi. Karena tentunya bisa meringankan beban pendidikan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA