Farah.ID
Farah.ID

Banjir Ibukota Butuh Solusi, Wakil DPRD: Sangat Egois Bila Menyalahkan Satu Pihak

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Januari 2020, 09:33 WIB
Banjir Ibukota Butuh Solusi, Wakil DPRD: Sangat Egois Bila Menyalahkan Satu Pihak
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Zita Anjani/RMOL
Pascamusibah banjir yang melanda ibukota dan sekitarnya pada awal tahun baru 2020, terlepas dari faktor alam, solusi terhadap banjir harus segera dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Agar hal serupa tidak kembali terjadi di masa mendatang.

Terkait soal solusi mengatasi banjir, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Zita Anjani menyatakan, daripada berdebat dan saling menyalahkan lebih baik saling mencarikan jalan keluar yang terbaik.

"Ini salah kita semua. Masalah banjir Jakarta itu sangat egois kalau kita menyalahkan satu dua pihak," ujar Zita saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/1).

Zita pun mengaku bahwa DPRD sebagai pembuat dan pengetuk anggaran juga memiliki kesalahan terhadap persoalan banjir ini.

Ke depannya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap, Pemprov DKI bisa betul-betul fokus di pencegahan tanpa mengesampingkan dampak pascabanjir.

"Solusi jangka pendek karena kita penanganan banjir airnya masih banyak, kita harus punya sistem Early Warning Sistem. Harus dikasih tahu, paling enggak warganya dievakuasi dulu. Walaupun banjir tetap bikin selamat," demikian Zita.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA