Heboh Prakiraan Cuaca Kedubes AS, Anies: BMKG Juga Rilis Hal Sama, Kok Nggak Viral?

Rabu, 08 Januari 2020, 17:06 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Anies Baswedan ajak masyarakat untuk lebih cermati terhadap laporan BMKG, bukan pihak lain/RMOL

Prakiraan cuaca yang dirilis oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat sempat bikin heboh. Prediksi cuaca tersebut dengan cepat tersebar melalui media sosial dan langsung jadi perbincangan.

Dalam prakiraan tersebut, Kedubes AS memperingatkan warganya yang tinggal di Indonesia untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih akan melanda hingga 12 Januari 2020.

Saat hal tersebut dikonfirmasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu justru merasa heran dengan apa yang terjadi di masyarakat.

"Ini menarik. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) juga mengeluarkan hal yang sama, tapi nggak viral," ujarnya saat melakukan konferensi pers di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Rabu (8/1).

Melihat fenomena ini, Anies mengajak seluruh masyarakat untuk dapat aktif membantu menyebarluaskan informasi dari BMKG.

"Kemarin pada saat rapat dengan kepala BMKG, dia menyampaikan bahwa hal yang disampaikan BMKG adalah hal-hal yang penting, tapi tidak menjadi bahan percakapan," ujarnya.

"Sudah waktunya kita mendorong agar kita semua lebih memperhatikan laporan dari kepala atau dari BMKG. Jadi, yang dikeluarkan oleh kedutaan Amerika itu juga sudah dikeluarkan oleh BMKG. Dan seluruh jajaran kita merespons itu," pungkas Anies.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020