Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kedubes AS Di Jakarta Peringatkan Warganya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Januari 2020, 10:25 WIB
Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kedubes AS Di Jakarta Peringatkan Warganya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan membayangi beberapa wilayah di Indonesia, termasuk ibukota DKI Jakarta, setidaknya hingga sepekan ke depan.

Merespons prediksi tersebut, beberapa perwakilan negara di Jakarta sudah memberikan imbauan kepada warganya. Salah satunya dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Dalam situs resminya, Kedubes AS mengimbau warganya yang tinggal di Indonesia untuk mengambil tindakan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem seperti hujan badai dan angin kencang. Karena berpotensi memunculkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan lalu lintas yang buruk.

Kedubes AS pun menyebutkan beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh warga negara AS di Indonesia sebagai antisipasi cuaca ekstrem. Di antaranya mempersiapkan rencana tanggap darurat. Kemudian terus mencari informasi terkini dari media mengenai peristiwa lingkungan di sekitar.

Informasi terkini mengenai cuaca juga bisa didapatkan melalui situs BMKG. Di mana WN AS juga harus mengetahui peta pencana mengenai titik-titik banjir yang terjadi. Selain itu, yang lebih penting adalah mendaftarkan diri dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan.

Untuk mengetahui pembaruan rutin mengenai informasi kedutaan, WN AS juga diimbau untuk mengikuti informasi yang disampaikan Kedubes AS di Jakarta dan Konsulat Jenderal AS di Surabaya melalui Twitter dan Facebook.

Adapun kontak yang dapat dihubungi adalah Kedubes AS di Jakarta (+62 21 50831000), Konjen AS di Surabaya (+62 31 2975300/+62 21 50831000), Badan Konsuler AS di Bali (+62 361 233605/+62 21 50831000), dan Departemen Luar Negeri - Urusan Konsuler (+1 888 4074747/+1 202 5014444). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA