Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Relawan UIN: Stok Pangan Korban Banjir Bandang Lebak Hanya Cukup Tiga Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 Januari 2020, 13:47 WIB
Relawan UIN: Stok Pangan Korban Banjir Bandang Lebak Hanya Cukup Tiga Hari
Relawan UIN Jakarta/Ist
rmol news logo Relawan dari Tim KMPLHK Ranita dan Pramuka UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berjibaku bersama warga membersihkan sisa banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah lokasi bencana di Lebak, Banten.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dilansir dari Kantor Berita RMOLBanten, Tim relawan ini merupakan rombongan pertama yang masuk ke wilayah terparah di lokasi di Lebak Gedong dan Gunung Julang.

Hingga kini, akses menuju dua lokasi itu masih tertutup untuk kendaraan roda dua. Sebab, ruas utama menuju dua lokasi itu tertutup tanah longsor.

Data yang dihimpun relawan, akibat banjir itu sembilan orang meninggal dan satu orang warga dinyatakan hilang.

Tim Pusdatin KMPLHK Ranita UIN Jakarta, Dewi Rohayati mengatakan, upaya membuka isolasi dari dan ke perkampungan warga masih terus dilakukan sejak hari pertama banjir dan longsor Rabu (1/1).

"Kami bersama warga menggunakan peralatan seadanya. Karena laporan dari tim kami di lapangan, masyarakat sudah meminta alat berat ke pemerintah setempat. Tapi dari kemarin sampai sekarang belum ada alat berat. Jadi mereka buka jalur pakai alat seadanya,” kata Dwi.

Berdasarkan data yang dihimpun tim relawan di lapangan, jumlah warga yang terdampak banjir dan longsor di dua titik itu lebih dari 1.069 jiwa dari 280 Kepala Keluarga (KK). Mereka saat ini masih terisolasi di dua titik bencana itu.

Tim Ranita dan UIN Jakarta terus mendampingi dan memberi assasement kepada warga. Terutama trauma healing pasca bencana.

Kata dia, warga terancam kehabisan bahan makanan. Sebab, hingga kini belum ada bantuan logistik yang cukup untuk kebutuhan warga.

"Ketersediaan pangannya itu hanya untuk satu sampai tiga hari ke depan,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA