Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Langkah BPPT Turunkan Curah Hujan Jabodetabek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 02 Januari 2020, 13:19 WIB
Ini Langkah BPPT Turunkan Curah Hujan Jabodetabek
Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Tri Handoko Seto/RMOL
rmol news logo Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) perkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terus terjadi hingga seminggu kedepan.

Curah hujan ini juga mempunyai dampak banjir disejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Faktanya, hujan dengan curah hujan tinggi yang terjadi pada Selasa (31/12) lalu, berakibat banjir pada Rabu (1/1) kemarin di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Bahkan dampak banjir itu belum surut hingga siang ini. Tercatat, 16 nyama menjadi korban banjir di awal tahun ini.

Untuk mengantisipasi dampak tersebut, Kepala BNPB Doni Monardo meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menerapkan modifikasi cuaca untuk meminimalisir akibat dari bencana alam tahunan ini.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT, Tri Handoko Seto pun memastikan telah selesai mengkaji prakiraan modifikasi cuaca di wilayah Jabodetabek.

Kata Seto, panggilan akrab Tri Handoko Seto, curah hujan di Jabodetabek bisa dikurangi hingga 30-35 persen.

"Pengurangan curah hujan 30 sampai 50 persen bisa dikurangi di wilayah Jabodetabek," ujar Seto dalam Rapat Koordinasi bersama BNPB dan seluruh stakehloder pemerintah dan LSM terkait bencana alam, di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (2/1).

Adapun cara yang digunakan untuk menurunkan curah hujan tersebut, BPPT akan mencegah masuknya awan basah atau awan hujan ke Jabodetabek dari wilayah Barat Indonesia.

"Karena itu tekhnologi modifikaasi cuaca ialah dijatuhkan diwilayah selain Jabodetabek. Kita jatuhkan diluar Jawa atau seperti di Lampung, dan daerah yang aman, tergantung situasi di lapangan," jelasnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Seto meminta pengadaan pesawat Cesna jenis CN295 sebanyak dua unit.

"Jadi kita akan operasikan (dua pesawat itu) guna menjatuhkan awan-awan yang bergerak menuju Jabodetabek. Awan awan itu arahnya dari Lampung, Selat Sunda dan seterusnya," tukasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA