Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesta Tahun Baru Jakarta Hasilkan 125 Ton Sampah, Turun Dari Tahun Lalu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 01 Januari 2020, 19:22 WIB
Pesta Tahun Baru Jakarta Hasilkan 125 Ton Sampah, Turun Dari Tahun Lalu
Tahun baru di Monas/Net
rmol news logo Perayaan malam pergantian tahun telah selesai dilaksanakan. Tercatat 125 ton sampah berhasil dikumpulkan pasca selesainya acara yang digelar Pemprov DKI Jakarta di sepanjang Sudirman-Thamrin.

“Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun sebanyak 125 ton. Jumlah ini turun dari tonase tahun lalu yang mencapai 327 ton,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Andono Warih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/1).

Andono mengungkapkan, para petugas DLH dengan sigap melakukan pembersihan sejak pukul 00.30 WIB dan kembali bersih sekitar pukul 04.00 WIB.

Ada beberapa lokasi yang menjadi penyumbang sampah, di antaranya kawasan Monas sebanyak 15 ton sampah, Bundaran HI 7 ton sampah, dan sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin 8 ton sampah.

"Selebihnya dari titik-titik keramaian perayaan pergantian tahun lainnya di seluruh Jakarta," imbuhnya.

Proses pembersihan dapat dituntaskan dengan cepat dikarenakan sebelumnya petugas bersama komunitas peduli lingkungan telah melakukan sosialisasi dan membagikan ribuan kantong sampah kepada para pedagang kaki lima. Petugas juga menempatkan ratusan dus di titik-titik keramaian.

“Kami apresiasi kepedulian warga yang telah meletakan sampah di tempatnya. Itu sangat membantu petugas,” katanya.

Dengan begitu, proses pembersihan relatif lebih mudah lantaran sampah sudah terkumpul di tempat sampah jenis dust bin yang dapat langsung diangkat oleh truk sampah jenis compactor.

 "Sedangkan pembersihan jalan, kami mengerahkan road sweeper atau mobil sapu otomatis. Pembersihan pun cepat,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA