Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-siap, BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 01 Januari 2020, 15:52 WIB
Siap-siap, BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan
Waspada cuaca ekstrem/Net
rmol news logo Cuaca ekstrem diperkirakan berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam satu pekan ke depan.

Ada beberapa faktor yang menciptakan potensi cuaca ekstrem di Indonesia, utamanya karena adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal. Seperti aktifnya angin Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah dan terbentuknya pola konvergensi.

Selanjutnya juga dipengaurhi oleh terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, suhu permukaan laut yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

Demikian penjelaskan yang diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/1). Lebih lanjut, BMKG memberikan data wilayah yang berpotensi terjadinya cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

"Untuk periode Rabu (1/1) hingga Sabtu (4/1), wilayah yang berpotensi mendapatkan cuaca ekstrem di antaranya Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua," bunyi keterangan dari Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo.

Sementara untuk periode Minggu (5/1) hingga Selasa (7/12), Mulyono menambahkan, wilayah yang berpotensi lainnya seperti Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Dengan adanya informasi ini, BMKG juga mengimbau agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti halnya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang.

Selain itu, masyarakat juga agar selalu rajin mencari informasi terkini mengenai cuaca agar lebih berantisipasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA