TNI Bangun Rumah Pintar Untuk Warga Perbatasan RI-Papua Nugini

Jumat, 20 Desember 2019, 04:21 WIB
Laporan: Raiza Andini

Anggota TNI saat membangun rumah pintar/Puspen TNI

Dalam menjalankan tugas pengamanan perbatasan dan juga memiliki misi Indonesia Pintar dan gemar membaca, Satuan Petugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 713/ST bersama tim personel pos Bendungan Tami mendirikan rumah pintar di Kampung Gambut, Distrik Muara Tami, Kamis (19/12).

Rumah Pintar ini menjadi sarana penunjang pendidikan formal untuk masyarakat sekitar. Masyarakat dapat menggunakan Rumah Pintar sebagai tempat belajar, bermain dan berkreasi baik untuk bayi, anak-anak, dan perempuan kampung Gambut, dan semuanya itu TNI memberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Pembangunan Rumah Pintar menggunakan konsep cinta Papua. Bangunan dan sarana untuk mendidik anak-anak menggunakan barang-barang lokal dengan para pengajar dari personel Satgas yang siap mendidik perempuan dan anak kampung Gambut menjadi masyarakat yang pintar.

Selanjutnya Letda Inf Tri mengungkapkan bahwa pembangunan rumah pintar ini merupakan bentuk kepedulian Satgas untuk meningkatkan SDM masyarakat Papua dan masyarakat kampung Gambut secara khusus.

“Kami menginginkan ketika kami nanti selesai melaksanakan penugasan di Papua di Sektor Utara ini kami mengharapkan masyarakat sudah bebas dari buta huruf, sudah bisa membaca dan lain sebagainya,” kata Danpos lewat siaran persnya, Kamis (19/12).

Sementara itu, Pendeta Gereja Injili Di Tanah Papua, Yeko Kogoya mengungkapkan, pembangunan rumah pintar ini menjadi sesuatu yang bernilai di mana TNI sendiri memperhatikan kami masyarakat di kampung Gambut.

“Saya mewakili masyarakat Kampung Gambut juga berharap kedepan kita masyarakat Gambut semakin bijak dan mampu melaksanakan tugas dan panggilan kita masing-masing sebagai masyarakat dan warga negara yang baik,” tandasnya.

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020