Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Diskusi, Federasi Pilot Dan STTKD Tekankan Pentingnya SDM Unggul Menuju Industri 4.0

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 17 Desember 2019, 22:52 WIB
Gelar Diskusi, Federasi Pilot Dan STTKD Tekankan Pentingnya SDM Unggul Menuju Industri 4.0
Diskusi FePI bersama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta/Ist
rmol news logo Selaku mitra pemerintah, Federasi Pilot Indonesia (FePI) mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) unggul di sektor transportasi udara.

Hal itu dinilai perlu untuk mendukung revolusi industri 4.0 yang tengah dituju pemerintah.

“Kesiapan SDM untuk menjawab tantangan menuju era digitalisasi patut dilakukan. Untuk itu, kemampuan menghasilkan SDM unggul menjadi tugas kita bersama di semua lini," kata Presiden Federasi Pilot Indonesia, Capt. M Ali Nahdi dalam diskusi FePI bersama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Selasa (17/12).

Diskusi antar instansi diharapkan bisa terus berjalan secara periodik yang melibatkan sejumlah praktisi transportasi, kalangan birokrat, praktisi, maupun civitas akademika. Hal itu dinilai penting untuk menciptakan manfaat bagi kemajuan sektor transportasi di Tanah Air.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, SDM unggul penting untuk menuju revolusi industri 4.0.

“Transformasi kota tentunya harus digawangi SDM yang unggul, oleh sebab itu, diskusi ini sangat bermanfaat bukan saja untuk Provinsi DKI Jakarta, tetapi semua daerah dan yang mengikuti acara diskusi dan sharing ini,” tutur Syafrin.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Heri Sudarmaji menilai, diskusi dan sharing terkait SDM unggul menuju revolusi industri 4.0 merupakan suatu transfer knowledge (pengetahuan) satu sama lain.

“Kita diskusi dan sharing di sini merupakan wujud dari pertukaran informasi, mana yang kira-kira perlu ditindaklanjuti dan tentunya tidak hanya berhenti di sini dan perlu ditingkatkan ke diskusi-diskusi yang bersifat lebih teknis,” ucap Heri.

Masih di tempat yang sama, Ketua PLH STTKD Yogyakarta, Vidyana Mandrawaty mengatakan, pihaknya sebagai lembaga pendidikan teknologi kedirgantaraan akan mempersiapkan SDM-SDM yang unggul, terutama di sektor transportasi udara.

“Ke depannya kami berharap ada sinergi yang kuat dengan industri sehingga STTKD bisa menghasilkan SDM yang unggul di bidang kedirgantaraan,” ujarnya.

Diskusi tersebut menghadirkan beberapa pejabat dan tokoh, yakni Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Heri Sudarmaji; Direktur Pengembangan Sumber Daya PT Badan Klasifikasi Indonesia/BKI (Persero), Saifuddin Wijaya, Ketua PLH STTKD Yogyakarta, Vidyana Mandrawaty, serta beberapa lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA