Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengalaman Stafsus Ikut Kunker Presiden, Pilih Rute Tak Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Desember 2019, 10:47 WIB
Pengalaman Stafsus Ikut Kunker Presiden, Pilih Rute Tak Biasa
Stafsus Aminuddin Ma'ruf
rmol news logo Pengalaman mengikuti kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo menginspirasi staf khusus presiden  Aminuddin Ma'ruf.

Aminuddin mengaku antutias saat mendapat kesempatan tersebut, apalagi saat itu tujuan kunker adalah Karawang, daerah asalnya.

Ia merasakan sikap optimisme dan egaliter yang luar biasa dari seorang Jokowi.

“Tentunya selain pekerja keras. Sikap optimisme itu terlihat jelas dari setiap kalimat yang disampaikan, baik itu saat memberikan sambutan atau menjawab pertanyaan dari wartawan, ada pesan optimisme untuk terus melompat maju menatap masa depan," kata Aminuddin Ma'ruf dalam keterangannya, Sabtu (14/12).

Aminuddin lalu menceritakan rute tak biasa yang diambil Jokowi. Menurutnya, Jokowi bisa saja mengambil rute yang lebih cepat menuju lokasi utama kunjungan kerja itu. Namun, Jokowi lebih memilih melewati pemukiman padat.

"Keegaliterian dan kerja keras presiden jelas terlihat dari rute yang diambil setelah mengunjungi pabrik Isuzu untuk melepas ekspor perdana Isuzu Traga menuju rumah makan,” terang Aminuddin.

Aminuddin mengisahkan, Jokowi memilih jalur yang melewati permukiman padat penduduk, menyusuri sungai untuk melihat rakyatnya dengan sesekali berhenti untuk menyapa dan memberikan buku kepada anak-anak sekolah yang begitu antusias menunggu ingin melihat pemimpin negaranya.

"Padahal, saya tahu ada jalur yang jauh lebih cepat bisa ditempuh melewati jalan tol," ujarnya.

Saat menemani Jokowi kunker, Aminuddin mengaku sempat berdiskusi dengan sejumlah pejabat yang berada semobil dengannya selama perjalanan. Mereka yang dimaksud Aminuddin adalah Kepala KSP Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menparekraf Wishnutama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga paspampres.

Aminuddin merasakan banyak mendapat pembelajaran dari menemani kunker Presiden.

“Bahwa bangsa ini tidak hanya sekadar harus berjalan maju, tetapi butuh lari cepat, lompatan-lompatan jauh untuk mengejar ketertinggalan baik di bidang infrastruktur maupun kualitas SDM," sebut Aminuddin optimis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA