Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

26 Tahun Tutup, Kedutaan Besar Guatemala Di Jakarta Dibuka Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Desember 2019, 15:39 WIB
26 Tahun Tutup, Kedutaan Besar Guatemala Di Jakarta Dibuka Lagi
Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Jovel dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
rmol news logo Kunjungan Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Jovel ke Indonesia memiliki misi khusus, yaitu untuk membuka lembaran baru hubungan diplomatiknya dengan Republik Indonesia dengan membuka kembali Kedutaan Besar di Jakarta.

Selasa (10/12), bertempat di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jalan Pejambon, Jakarta, Jovel disambut hangat oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Kunjungan Jovel sendiri merupakan tindak lanjut dari kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Guatemala Luis Fernando Carranza Cifuentes pada Juli lalu untuk membuka kembali Kedubes di Jakarta yang ditutup pada 1993 akibat krisis ekonomi yang melanda negara tersebut.

"Indonesia dan Guatemala memulai hubungan bilateral dengan membuka kembali Kedutaan Besar Guatemala di Jakarta," ujar Kemlu dalam akun Twitternya.

Ada pun Kedubes Guatemala di Jakarta sendiri akan resmi dibuka pada sore hari ini di Gedung World Trade Center 1 lantai 16, Sudirman, Jakarta. Dengan ini, Kedubes Guatemala menjadi kantor misi luar negeri ke-106 di Jakarta dan ke-14 untuk kantor misi Amerika Latin dan Karibia.

Selain itu, kedua Menlu juga mengaku melakukan diskusi berbagai isu bilateral. Jovel dan Retno juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang berkenaan dengan Konsultasi Bilateral terhadap meningkatnya hubungan struktural antara kedua negara.rmol news logo article
    

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA