Airlangga Hartarto Siap Back up Pembangunan Pabrik IPO-CPO di Muba

Minggu, 01 Desember 2019, 09:01 WIB
Laporan: Yelas Kaparino

Dodi Reza Alex dan Airlangga Hartarto/RMOL

Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Selatan akan memaksimalkan pendampingan terhadap pelaku startup dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumsel khususnya.

Hal ini diungkapkan Ketua KADIN Sumsel Dodi Reza Alex saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di Hotel Westin, Bali, Jumat (29/11).

"Pendampingan tersebut bertujuan agar iklim investasi di Sumsel dapat berjalan lancar dan maksimal," ucap Dodi yang juga Bupati Musi Banyuasin ini.

Dalam kesempatan itu pula, Dodi Reza menyampaikan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto soal percepatan pembangunan pabrik IPO-CPO di Kabupaten Muba. "Pak Menko Perekonomian siap memback up dan sangat mendukung realisasi pembangunan IPO guna menciptakan energi terbarukan bioufuel yang berasal dari pengolahan kelapa sawit petani rakyat di Muba," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dodi, pendampingan kepada pelaku startup dan UMKM tersebut dilakukan agar mereka bisa naik kelas dan turut berkontribusi mendorong peningkatan ekonomi daerah.

"Setelah ini saya akan berkoordinasi dengan Kadin Kabupaten/Kota di Sumsel agar tiap daerah untuk pelaku startup dan UMKM nya dapat didampingi dengan maksimal," ucapnya.

Tidak hanya itu, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumsel ini menambahkan, tidak hanya berkoordinasi dengan Kadin Kabupaten/Kota, namun dirinya juga akan menggandeng beberapa pihak untuk menghasilkan langkah-langkah yang konkret untuk akselarasi Indonesia yang maju dan berkeadilan.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dalam kesempatan tersebut hadir,  menjelaskan pemerintah kini sedang perupaya menciptakan iklim investasi. Sebab itu kedepannya dia meminta agar Kamar Dagang Indonesia (Kadin) untuk memperdayakan dan pendampingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas.

Tidak hanya itu dia juga meminta agar usaha startup di Indonesia juga berkembang luas.

"Kadin dapat memainkan perannya melalui pemberdayaan dan pendampingan UMKM agar naik kelas," kata Ma'ruf Amin saat meresmikan pembukaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Kadin 2019.

Kemudian dia juga berharap Kadin bisa mampu berperan dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga kata dia, para tenaga kerja memiliki kopetesi sesuai kebutuhan industri nasional.

"Hal tersebut dapat dilakukan melalui fasilitasi atau kerjasama dengan institusi pendidikan formal dan pendidikan vokasi," ungkap Ma'ruf.

Presiden Jokowi menyampaikan lewat video yang sudah direkam sebelumnya. "Kita berharap sangat banyak terhadap Kadin untuk akselerasi menuju Indonesia maju, khususnya ekonomi maju yang berdaya saing dengan berkeadilan," kata Presiden Jokowi.

Ia juga menyampaikan, bahwa dirinya sering menyampaikan bahwa pemerintah lebih memprioritaskan swasta baru kemudian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Saya sering menyampaikan jika bisa dilakukan oleh swasta, pemerintahan memproritaskan swasta, baru kemudian BUMN dan kalau tidak bisa dikerjakan oleh swasta dan BUMN baru dikerjakan oleh pemerintah," ujarnnya.

Presiden Jokowi juga menerangkan, memang membangun ekosistem yang kondusif bagi perekonomian nasional adalah tanggung jawab Pemerintah, tanggung jawab Kadin dan tanggung jawab semuanya.

"Untuk itu mari kita bangun ekosistem cipta lapangan kerja, kita bangun ekosistem peningkatan kelas UMKM. Selamat menjalan Rapim sehingga menghasilkan langkah-langkah yang konkret untuk akselarasi indonesia yang maju dan berkeadilan. Terimakasih," ujar Presiden Jokowi.

Tag:

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019