Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peluncuran Mesin ADM Dukcapil, Warga Bisa Cetak e-KTP Dan Indentitas lainnya Secara Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 26 November 2019, 06:36 WIB
Peluncuran Mesin ADM Dukcapil, Warga Bisa Cetak e-KTP Dan Indentitas lainnya Secara Mandiri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)/Net
rmol news logo Terobosan baru telah dilakukan Kementerian Dalam Negeri. Kini, masyarakat tidak perlu bersusahpayah mengurus e-KTP.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk melayani administrasi kependudukan (Adminduk). Dengan mesin ini, masyarakat bisa mencetak data kependudukan secara mandiri dalam hitungan menit.

"Sekarang dengan adanya terobosan baru yang dibuat oleh Kemendagri Dirjen Dukcapil ini, Anjungan Dukcapil Mandiri bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lainnya dalam hitungan menit, dan ini akan berkembang di seluruh Indonesia," ujar Tito seusai acara peluncuran, di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11).
 
Masyarakat tidak perlu menunggu dan tidak perlu kembali datang ke kantor pelayanan publik untuk mengambil hasilnya. Data kependudukan itu bisa dicetak secara mandiri di mesin ADM nanti.

"Maka ini akan mempermudah pelayanan publik. Selama ini sulit datang ke kantor pemerintah, ke kecamatan, ke kelurahan, ke kantor bupati untuk membuat kartu," kata Tito.

Tito pun membuktikan kecanggihan mesin ADM tersebut. Ia mencoba mencetak KTP miliknya di mesin yang telah disediakan.

"Tadi saya sudah coba sendiri, lebih-kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan pencetakan dengan cepat, ini terobosan bagus," ujar Tito.

Tito berharap adanya mesin ADM bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Dia ingin inovasi ini dapat menjadi contoh bagi instansi pelayanan publik lainnya.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat sebagai persembahan dari jajaran dukcapil dan otomatis saya selaku mendagri merasa bangga dan berterima kasih dan juga mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati ini semua. Dan mudah-mudahan bisa menjadi model bagi layanan publik lainnya di bidang lain," ucap Tito. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA