Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Museum Pendidikan Surabaya Akan Diresmikan Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 25 November 2019, 07:35 WIB
Museum Pendidikan Surabaya Akan Diresmikan Hari Ini
Museum Pendidikan yang akan diresmikan/Net
rmol news logo Tepat pada peringatan Hari Guru 25 November, Jawa Timur memiliki museum baru yaitu museum pendidikan. Museum ini rencana akan diresmikan hari ini.

Museum Pendidikan ini menjadi saksi perjalanan Taman Siswa di Surabaya, karena dibangun di bekas gedung Sekolah Taman Siswa yang sebelumnya milik Tiongkok.

Dengan luas 1.452 meter persegi bangunan ini memiliki 800 benda sejarah lintas masa. Kita juga bisa melihat diorama yang menggambarkan suasana kelas tempo dulu.

Aneka ragam koleksi yang dikumpulkan di antaranya pendidikan pada masa kerajaan, mulai dari pengenalan sejarah pendidikan masa klasik, mengenalkan huruf Jawa, dan sebuah padepokan pendidikan berbasis agama dan pendidikan di masa kolonial.
Mengutip instagram @surabaya, Senin (25/11/), koleksi yang ada di museum ini dipasang berdasarkan klasifikasi periode perkembangan pendidikan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menuturkan, koleksi benda di Museum Pendidikan akan dipajang berdasarkan klasifikasi di setiap periode perkembangan pendidikan.

Ia menuturkan, ada koleksi pra-aksara yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, hingga orangtua mengajarkan pendidikan kepada anak-anaknya zaman itu dengan lengkap.
"Jadi bagaimana pada waktu itu orangtua mengajarkan kepada anak-anaknya juga sudah ada,” terangnya beberapa waktu lalu.

Museum ini juga ramah untuk penyandang disabilitas. Salah satunya memberikan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas akan dilengkapi Ram (Jalur alternatif bagi orang yang tak dapat menggunakan tangga). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA