Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Stunting, KKP Dorong Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 24 November 2019, 20:24 WIB
Cegah Stunting, KKP Dorong Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan
Direktorat Jenderal (Dirjen) penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman.
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke 6 Tahun 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar acara Festival Perikanan Nusantara di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (24/11).

Festival ini bertujuan untuk mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk mengonsumsi ikan. Hal ini dilakukan untuk memberantas stunting.

"Ikan mengandung omega 3 dan protein tinggi yang baik untuk pemenuhan gizi anak. Ikan sangat penting untuk generasi kita, generasi anak bangsa seluruh Indonesia,” ujar Direktorat Jenderal (Dirjen) penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman.

Stunting  merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).  Selain itu, stunting juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darajamuni mengatakan, Pemprov DKI Jakarta turut mendukung peningkatan konsumsi ikan di DKI Jakarta melalui sejumlah kegiatan yang dilakukan sepanjang tahun ini.

Salah satunya dengan mensosialisasikan Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (GEMARIKAN) di seluruh kelurahan di DKI Jakarta.

“Ada 267 kelurahan. Di setiap kelurahan ada 200 orang yang turut bergerak sehingga jumlahnya kemarin kami kumpulkan 53.400 orang, ditambah dengan 1.000 orang Dinas KPKP,” tuturnya.

Atas berbagai upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional,  KKP memasang target konsumsi ikan nasional sebesar 54 kg/kapita untuk tahun 2019.

Sebagai informasi, rangkaian Festival Ikan Nusantara akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan hingga ditutup pada 12-14 Desember 2019 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA