Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rumah Tahan Gempa CLT House Berdiri Di Lombok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ichsan-yuniarto-1'>ICHSAN YUNIARTO</a>
LAPORAN: ICHSAN YUNIARTO
  • Jumat, 22 November 2019, 19:06 WIB
Rumah Tahan Gempa <i>CLT House</i> Berdiri Di Lombok
Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menyerahkan sejumlah rumah tahan gempa cross laminated timber (CLT) kepada warga korban terdampak gempa bumi di desa Kekait, Lombok/Ist
rmol news logo Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid menyerahkan sejumlah rumah tahan gempa cross laminated timber (CLT) kepada warga korban terdampak gempa bumi di desa Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat, Jumat (22/11).

Dalam kesempatan itu, Fauzan mengapresiasi kepada pihak kontraktor yang membangun rumah tahan gempa, karena proses pembangunannya terhitung cepat dan kualitasnya juga tidak diragukan.

"Proses pengerjaannya cukup cepat, sehingga membantu sekali bagi warga korban yang membutuhkan rumah hunian,"  kata Fauzan lewat keterangan tertulisnya.

Fauzan pun sedikit memaparkan tentang rumah tahan gempa CLT. Menurutnya, rumah itu dibuat dari kayu olahan Jabon yang kemudian diproses di pabrik.

"Kayunya merupakan kayu tanaman rakyat, merupakan kayu budi daya," imbuhnya.

Lebih lanjut Fauzan menambahkan, CLT merupakan salah satu rumah sehat, karena 90 persennya alami terbuat dari kayu.

"Teknologinya pun sama seperti di Jepang. Kami juga mengetahui CLT ini sudah lulus uji lab untuk kategori RTG di Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, pihak PT Gwoods Kreasi Indonesia yang merupakan pemegang paten produk CLT di Indonesia, Suhendra Yusuf Ratu Prawiranegara menuturkan, CLT merupakan proses pabrikasi silang kayu laminasi.

Tenologi CLT sangat tepat diaplikasi pada wilayah-wilayah rawan gempa atau wilayah terdampak gempa seperti Lombok, Sulteng dan wilayah-wilayah lainnya.

"Kami sangat apresiasi karena korban di Lombok menyambut baik dan antusias atas produk RTG CLT ini," jelasnya.

Yusuf menambahkan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk membantu warga korban agar segera memiliki hunian yang layak huni dan manusiawi. Dia akan terus bersinergi dengan pihak pemerintah mewujudkan RTG di Lombok, dan Indonesia pada umumnya.

Rencananya, lanjut Yusuf, PT. Gwoods Kreasi Indonesia akan membangun 2.000 hingga 3.000 rumah CLT di Lombok. Kebutuhan rumah hunian warga korban gempa Lombok masih membutuhkan puluhan ribu rumah tahan gempa.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA