Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Pengawasan Dan Pendapatan, Perumda Pasar Jaya Luncurkan Sistem Berbasis Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 15 November 2019, 16:41 WIB
Perkuat Pengawasan Dan Pendapatan, Perumda Pasar Jaya Luncurkan Sistem Berbasis Digital
Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin/RMOL
rmol news logo Perumda Pasar Jaya kembali melakukan terobosan untuk efisiensi administrasi perusahaan dengan berinovasi melahirkan sistem berbasis digital e-Office dan Audit Management System (AMS).

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, kehadiran sistem e-Office sebagai pengganti persuratan resmi yang selama ini biasa dilakukan secara manual dengan kertas.

"Kalau kita masih menggunakan administrasi konvensional, surat-surat hardcopy pastinya akan menjadi biaya yang sangat besar," ujarnya saat melakukan konferensi pers di kawasan Cikini, Jumat (15/11).

"Untuk itu message kita kepada perusahaan adalah lakukan efisiensi. Sehingga digital sektor sudah bisa disentuh melalui e-Office dan Audit Management System," sambungnya.

Sedangkan kehadiran AMS bertujuan untuk menguatkan Pasar Jaya dari
sisi pengontrolan. Termasuk memperkecil ruang terjadinya fraud (penipuan).

"Selanjutnya memaksimalkan potensi yang saat ini belum didayagunakan, dan menyentuh tempat usaha yang masih kosong. Fungsinya memudahkan masyarakat untuk memonitor," jelasnya.

Arief menambahkan, selama ini kasus yang banyak terjadi adalah masyarakat kesulitan untuk menyewa kios yang sebetulnya kosong.

"Masyarakat mau menyewa untuk melakukan usaha di pasar. Tapi gak bisa disewa, itu kenapa? Nah itu salah satunya ketika kita lakukan AMS, semua ke-record," katanya.

Potensi fraud lainnya seperti masih adanya pungutan liar dan kebocoran pendapatan di pasar. "Dengan sistem ini ketika auditor datang itu ke jelas ter-record jelas. Nanti akan ketemu sanksinya," pungkas Arief.

Dengan adanya sistem ini maka diharapkan pendapatan Perumda Pasar Jaya pada 2020 mendatang dapat menyentuh angka Rp 1,9 triliun.

Untuk diketahui, pendapatan Pasar Jaya setiap tahunnya kian meningkat. Pada 2016, pendapatan Pasar Jaya sebanyak Rp 500 miliar. Lalu pada 2017 naik menjadi Rp 900 miliar.

Selanjutnya, pada 2018 meningkat jadi Rp 1,042 triliun. Dan pada 2019 ini Pasar Jaya menargetkan akan menutup pendapatan di angka Rp 1,2 sampai Rp 1,3 triliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA