Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Event Akhir Pekan Ibukota: Sirkus, Cosplay Parade, Hingga Karnaval Budaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 14 November 2019, 21:38 WIB
Event Akhir Pekan Ibukota: Sirkus, Cosplay Parade, Hingga Karnaval Budaya
Sejumlah cosplayer saat bertandang ke Balaikota DKI Jakarta/RMOL
rmol news logo Kabar gembira hadir untuk warga Ibukota. Pemprov DKI Jakarta pada akhir pekan ini akan menghelat sejumlah festival menarik.

Setelah absen selama lima tahun, Jakarta International Performing Arts (JakIPA) 2019 akan kembali diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu ini di Plaza Timur Monas, Jakarta.

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin, mengatakan, JakIPA adalah event unik yang mengambil unsur mainstream, seperti teater, tari, musik, film, opera, magic, spoken words, circus arts, recitation, musical theater.  

Event JakIPA akan melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni nusantara dengan negara-negara yang menjalin hubungan Sister City maupun performer lain yang diundang untuk tampil dan berkolaborasi dengan para artis Jakarta.

Di antaranya dari Berlin (State School of Artistic Berlin), Budapest, Beijing, dan Moskow (Moscow Art Group Dance Ensemble Junost).

“Diharapkan akan tercipta 'mutual cultural understanding', dan JakIPA menjadi event rutin dan ikonik dalam Pop Culture Jakarta," jelas Dadang dalam konferensi pers di Balairung, Balaikota Jakarta, pada Kamis (14/11).

"Nama Jakarta pun akan lebih mendunia dan dapat mempromosikan citra Jakarta sebagai kota kosmopolitan yang modern dan berbudaya," tambahnya.

Event selanjutnya ada Jakarta Cosplay Parade 2019. Event bertaraf internasional itu akan dilaksanakan pada Minggu (17/11) di Lapangan Monas Silang Barat, dengan mengangkat tema 'Indonesia Universe'.

Jakarta Cosplay Parade 2019 akan menyajikan lomba untuk berbagai kategori bagi cosplayer, dengan hadiah senilai lebih dari Rp 134 juta dan akan diikuti sekitar 1.000 cosplayer dari DKI Jakarta dan luar Jakarta.

Event terakhir ada Festival Pesona Lokal (FPL) Jakarta yang akan menampilkan beragam aktivitas untuk mengangkat budaya Betawi dan kearifan lokal Provinsi DKI Jakarta. Acara FPL sendiri akan berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Sabtu (16/11).

FPL akan menampilkan Parade Karnaval Budaya, lomba Tari Lokal Kontemporer, lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazar aneka produk lokal.

Acara yang akan dimeriahkan oleh artis Ibukota seperti Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca ini merupakan penutup dari rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan di 7 kota besar di Indonesia dari Agustus-November 2019 di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA