Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beragam Strategi Anak Buah Anies Baswedan Antisipasi Banjir Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 14 November 2019, 18:51 WIB
Beragam Strategi Anak Buah Anies Baswedan Antisipasi Banjir Jakarta
Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf/RMOL
rmol news logo Ibukota sudah mulai memasuki musim penghujan. Segala persiapan pun telah dilakukan guna mengantisipasi tingginya debit air yang bisa berakibat banjir.

Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah siaga menyiapkan strategi menghadapi kemungkinan banjir Ibukota.

Menurut Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf, pihaknya telah melakukan berbagai upaya preventif, seperti membuat sumur resapan, rainwater harvesting, onsite detention, pengerukan di 17 sungai serta 5 waduk yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Kelima waduk tersebut antara lain Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Teluk Gong, Waduk BPP Poncol, dan Embung Cendrawasih.

"Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta pun telah membangun 987 titik sumur resapan di 5 wilayah di Jakarta dengan target 1.000 titik sumur resapan pada tahun 2019, naturalisasi revitalisasi sungai, serta pembangunan waduk di 10 lokasi," ujar Juaini dalam konferensi pers yang berlangsung di Balairung, Balaikota Jakarta, Kamis (14/11).

Untuk menangani genangan maupun banjir pada musim hujan, pihaknya telah mempersiapkan beragam teknologi mutakhir.

Antara lain pompa mobile 133 unit dengan kapasitas 28,512 m3/dt, pompa stationer sejumlah 457 unit di 165 lokasi dengan kapasitas 489,01 m3/dt, pintu air 231 unit, excavator amphibi untuk pengerukan waduk, combi jetting yang digunakan untuk penyedotan lumpur saluran drainase, AWLR (Automatic Water Level Recorder) di 21 lokasi, serta CCTV Online sejumlah 103 unit.

"Selain itu, sebanyak 7.889 personel pun dikerahkan dengan dilengkapi alat berat 260 unit dan dump truck 461 unit, " jelas Juaini.

Dengan dilakukannya persiapan ini, Jakarta diharapkan terbebas dari permasalahan banjir yang selalu hadir saat musim hujan melanda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA