Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Penumpukan, DPRD Setujui Anggaran Rp 197 Miliar Untuk Saringan Sampah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 11 November 2019, 15:41 WIB
Antisipasi Penumpukan, DPRD Setujui Anggaran Rp 197 Miliar Untuk Saringan Sampah
Tumpukan sampah di pintu air manggarai/Net
rmol news logo Usulan Program Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemprov DKI Jakarta yang akan memasang saringan sampah di Hulu Ciliwung disetujui oleh Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Saringan ini sendiri diakui untuk mengantisipasi membludaknya sampah yang kerap tertumpuk di sejumlah pintu air di Jakarta saat musim hujan.

"Paling banyak dua truk (sampah) dalam harian. Tapi ketika hujan turun di hulu hanya selama 4 jam itu sudah 3 atau 2. Di hilir kita butuh ratusan truk untuk mengangkat sampah-sampah itu," kata Kepada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih saat ditemui sesuai melakukan rapat dengan Komisi D DPRD DKI, Senin (11/11).

Andono menyampaikan, masalah penumpukan sampah yang kerap terjadi saat musim hujan harus segera diselesaikan dan perlu kerja sama dari semua pihak.

"Tentu secara desain detailnya kita dibantu ITB. Pencegahan sampah sampai ke hilir sudah mempertimbangkan kriteria desain yang advance, tetapi sudah juga diadaptasi ke komisi lokal kita," katanya.

Pembangunan saringan sampah ini dianggarkan Dinas LH senilai Rp 197 miliar. Desain yang digunakan pun, kata Andono, mirip seperti yang ada di negara tetangga.

 "Jadi kalau di Australia, barangkali dengan aspek hidrologi yang sesuai dengan kondisi desain. Ini butuh adjustment dan adaptasi dengan kondisi lokal kita," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA